Pendidikan

10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja 2023

Di era yang terus berubah dan berkembang saat ini, kita harus cermat dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Sebab, menurut riset, tak sedikit sarjana yang akhirnya menyesal karena merasa salah mengambil jurusan.

Salah satu faktor penyesalan tersebut karena disiplin ilmu yang dipelajari ternyata tidak banyak memiliki peluang kerja di kehidupan nyata.

Namun perlu diingat bahwa sebetulnya semua jurusan kuliah punya jenjang karier dan peluangnya masing-masing.

Sebagai referensi, berikut adalah 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2023:

1. Teknologi Informasi (TI) dan Ilmu Komputer

Bidang TI dan ilmu komputer terus tumbuh dengan pesat. Hampir semua perusahaan saat ini membutuhkan profesional TI untuk mengembangkan perangkat lunak, mengelola data, dan menjaga keamanan siber.

Selain itu, banyak perusahaan-perusahaan saat ini yang sudah melebarkan sayap ke arah digital sehingga ilmu tentang teknologi informasi dan komputer sangat dibutuhkan.

2. Kesehatan dan Ilmu Kedokteran

Kesehatan selalu menjadi prioritas. Jurusan seperti kedokteran, perawat, farmasi, dan teknologi medis tetap dicari untuk merawat populasi yang terus berkembang.

3. Keuangan dan Bisnis

Pendidikan dalam bidang ekonomi, manajemen, dan keuangan sangat relevan di era saat ini. Profesional bisnis diperlukan untuk mengelola keuangan perusahaan dan mengembangkan strategi bisnis yang sukses.

4. Keguruan

Guru adalah kunci dalam pendidikan generasi muda dalam mencetak generasi emas untuk bangsa dan negara.

Meski tidak mengajar di sekolah, saat ini ada banyak bimbingan belajar swasta yang mencari tenaga pendidik dengan upah yang menggiurkan.

Selain itu, lulusan keguruan juga bisa membuka bimbingan belajar sendiri di rumah atau privat karena orang tua zaman sekarang lebih suka anaknya les privat.

5. Teknik

Teknik sipil, elektrik, mekanik, dan lainnya terus berkontribusi pada pembangunan infrastruktur dan teknologi, sehingga sarjana teknik selalu dibutuhkan.

Ada banyak perusahaan, baik dari pemerintah maupun swasta yang mencari lulusan teknik untuk mengerjakan proyek-proyek strategis.

6. Ilmu Sosial dan Humaniora

Keterampilan berpikir kritis, analisis, dan komunikasi sangat dicari saat ini. Jurusan seperti ilmu politik, psikologi, dan sosiologi membantu memahami sosiologi dan kehidupan masyarakat.

Seperti diketahui, ada begitu banyak masalah yang terjadi di masyarakat, sehingga diperlukan seseorang yang ahli dalam ilmu sosial dalam mengatasi berbagai masalah tersebut.

7. Ilmu Lingkungan

Dengan meningkatnya perhatian terhadap isu lingkungan dan perubahan iklim, ahli lingkungan sangat dicari untuk mencari solusi berkelanjutan.

8. Bahasa dan Komunikasi

Dalam dunia yang semakin terhubung secara global, keterampilan bahasa dan komunikasi menjadi aset yang sangat berharga. Kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa serta kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan.

9. Desain dan Seni Kreatif

Desain grafis, seni digital, dan desain produk berkontribusi pada industri kreatif yang terus berkembang. Permintaan untuk konten visual yang kuat dalam pemasaran dan media semakin meningkat.

10. Psikologi

Pendidikan tentang kesehatan mental sangat dibutuhkan saat ini. Seperti diketahui, banyak orang, khususnya generasi muda yang mengalami masalah mental, seperti depresi, kecemasan, dan sebagainya.

Sehingga, psikolog menjadi profesi yang memiliki prospek serta tindakan mulia karena membantu banyak orang dalam mengatasi gangguan mental.

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja tahun 2023. Namun perlu diingat, selain karena prospek kerja, kita juga harus mempertimbangkan minat dan bakat dalam memilih jurusan.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker