Akademis

Ibu tiara seorang guru ipa yang sudah menjalankan tugasnya sebagai guru cukup lama

Ibu Tiara seorang guru IPA yang sudah menjalankan tugasnya sebagai guru cukup lama.

Pada awal tahun ajaran dalam proses pembelajaran bu Tiara memulai pembelajaran dengan mengajak murid untuk membuat kesepakatan kelas. Murid diminta untuk menyampaikan pendapatnya.

Saat membuat kesepakatan kelas terlihat beberapa murid diam dan tidak menyampaikan pendapatnya.

Bu Tiara berusaha untuk membangun kepercayaan diri dari murid bahwa satu pendapat yang disampaikan sangatlah berharga.

Beberapa murid yang diam itu pun menyampaikan pendapatnya walau terlihat ragu-ragu. kasus bu tiara diatas termasuk student agency melalui…

A. Role
B. Choice
C. Voice
D. Ownership
E. Community

Jawaban:

C. Voice

Baca juga: Seorang kepala sekolah dihadapkan pada permasalahan sekolah yang memiliki tunggakan tagihan

Pembahasan:

Bu Tiara menerapkan pendekatan yang memungkinkan siswa untuk berbicara dalam proses pembelajaran, mencerminkan penerapan prinsip student agency melalui konsep “Voice”.

“Voice” mengacu pada memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyuarakan pendapat, ide, dan perspektif mereka dalam lingkungan pembelajaran.

Dengan menciptakan ruang di kelasnya di mana siswa merasa didengar, dihargai, dan nyaman untuk berbagi pendapat, Bu Tiara mengajarkan kepada siswa pentingnya memiliki suara dalam proses pembelajaran.

Dalam hal ini, guru mengajak dan menggambarkan kepada siswa tentang apa yang diharapkan dari mereka dalam belajar, serta kegiatan dan jenis penilaian yang akan dilakukan oleh guru.

Baca juga: Chokie adalah siswa pindahan dari kota, Chokie dikenal sebagai anak yang sangat nakal

Dengan memberikan keyakinan kepada siswa bahwa setiap pendapat mereka berharga, Bu Tiara membangun kepercayaan diri siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Melalui pendekatan ini, Bu Tiara tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, memotivasi mereka, dan menghargai keunikannya masing-masing di dalam kelas.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker