Akademis

Salah satu dimensi profil pelajar pancasila adalah bernalar kritis

Salah satu dimensi profil pelajar pancasila adalah bernalar kritis, manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam bernalar kritis?

A. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

B. Murid mampu melakukan modifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermanfaat, dan memiliki dampak untuk mengatasi persoalan, untuk dirinya atau lingkungannya.

C. Murid mampu melakukan kolaborasi dengan orang lain juga proaktif agar mencapai kesejahteraan masyarakatnya.

D. Murid mampu berinteraksi positif, berkomunikasi interkultural, dan mengembangkan diri melalui pengalamannya di lingkungan majemuk.

Jawaban:

A. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

Baca juga: Bukti Karya: Pengertian, Esensi, dan Tips Membuatnya

Pembahasan:

Kemampuan murid untuk menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut merupakan sebuah keterampilan penting dalam pembelajaran.

Keterampilan ini memungkinkan murid untuk:

1. Memahami informasi dengan lebih baik

Murid yang mampu menyaring informasi dapat memfokuskan diri pada informasi yang relevan dan mengabaikan informasi yang tidak penting.

Hal ini membantu mereka untuk memahami inti dari informasi yang mereka pelajari.

2. Menghubungkan berbagai informasi

Murid yang mampu mencari keterkaitan berbagai informasi dapat membangun pemahaman yang lebih menyeluruh tentang suatu topik.

Mereka dapat melihat bagaimana berbagai informasi saling terkait dan bagaimana informasi tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah.

Baca juga: Chokie adalah siswa pindahan dari kota, Chokie dikenal sebagai anak yang sangat nakal

3. Berpikir kritis

Murid yang mampu menganalisa informasi dapat mengevaluasi keakuratan dan kredibilitas informasi. Mereka dapat mengidentifikasi bias dan kesalahpahaman dalam informasi.

4. Berkomunikasi dengan efektif

Murid yang mampu membuat kesimpulan berdasarkan informasi dapat menyampaikan ide-idenya dengan jelas dan ringkas.

Mereka dapat mendukung argumen mereka dengan bukti dan menjawab pertanyaan dengan tepat.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker