Akademis

Untuk mewujudkan sekolah ramah anak seorang guru penggerak

Untuk mewujudkan sekolah ramah anak, seorang Guru Penggerak menyusun rencana perubahan dengan menerapkan inkuiri apresiatif secara menyeluruh sehingga diketahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak tersebut.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah…

A. Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

B. Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak ini?

C. Berapa lama program sekolah ramah anak ini akan dijalankan?

D. Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?

E. Apa yang dipahami oleh komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?

Jawaban:

A. Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

Baca juga: Pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian

Pembahasan:

Hal pertama yang harus diketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan untuk mewujudkan sekolah ramah anak melalui inkuiri apresiatif adalah pemahaman yang komprehensif tentang kondisi dan kebutuhan sekolah.

Kemudian, pengetahuan yang penting sebelum melangkah ke tahap berikutnya dalam perencanaan perubahan yang Anda buat adalah mengidentifikasi kekuatan apa saja yang dimiliki sekolah saat ini yang dapat mendukung terwujudnya suasana sekolah yang ramah anak.

Baca juga: Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak

Yang dapat dilakukan adalah melakukan observasi langsung di lingkungan sekolah untuk mengamati bagaimana kekuatan sekolah, termasuk interaksi antara guru, murid, dan staf sekolah.

Perlu juga untuk melakukan wawancara dengan guru, murid, staf sekolah, orang tua murid, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendapatkan informasi tentang pendapat mereka terhadap sekolah.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)