Akademis

5 Fakta Menarik tentang Bulan yang Jarang Diketahui, Mungkinkah Ada Kehidupan?

Bulan adalah satelit alami Bumi yang menjadi benda langit terbesar kelima di Tata Surya dan satelit alami terbesar yang dibandingkan dengan planet yang diorbitnya.

Diameter Bulan mencapai 27% dari diameter Bumi, dan massanya 1/81 massa Bumi.

Bulan selalu menunjukkan sisi yang sama ke Bumi karena rotasinya yang sinkron dengan revolusinya.

Baca juga: Apakah Bulan Bergerak? Cek Jawabannya di Sini

Permukaan Bulan ditutupi oleh kawah dan regolit (debu halus). Bulan tidak memiliki atmosfer dan air cair di permukaannya.

Keindahannya di malam hari dan pengaruhnya pada pasang surut laut telah menginspirasi banyak cerita, lagu, dan puisi.

Fakta Tentang Bulan

Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang Bulan. Berikut adalah 5 fakta menarik tentang Bulan yang mungkin belum banyak ketahui:

1. Bulan Memiliki Hari yang Panjang

Satu hari di Bulan setara dengan 27,3 hari di Bumi. Hal ini terjadi karena Bulan berotasi pada porosnya dengan sangat lambat. Rotasi Bulan yang lambat ini juga menyebabkan Bulan selalu menunjukkan sisi yang sama ke Bumi.

2. Bulan Memiliki Lapisan Debu yang Tebal

Permukaan Bulan ditutupi oleh lapisan debu halus yang disebut regolit. Regolit ini terdiri dari pecahan batu dan mineral yang tercipta akibat tumbukan meteoroid selama miliaran tahun. Ketebalan regolit di Bulan dapat mencapai puluhan meter.

3. Bulan Memiliki Medan Magnet yang Lemah

Bulan memiliki medan magnet yang sangat lemah, sekitar 1/1000 kekuatan medan magnet Bumi. Medan magnet Bulan ini dihasilkan oleh inti Bulan yang terbuat dari besi cair.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Gerhana Bulan Penumbra 2024, Pertanda Kiamat?

4. Air Mungkin Ada di Bulan

Para ilmuwan percaya bahwa air mungkin ada di Bulan dalam bentuk es. Bukti menunjukkan bahwa air mungkin terdapat di kawah kutub Bulan yang selalu gelap dan dingin.

5. Bulan Terus Meningkat Jaraknya dari Bumi

Bulan bergerak menjauh dari Bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm per tahun. Hal ini terjadi karena interaksi gravitasi antara Bulan dan Bumi.

Mempelajari Bulan dapat memberikan informasi berharga tentang sejarah tata surya dan pembentukan planet. Bulan juga dapat menjadi sumber daya alam yang potensial di masa depan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker