Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran

Sastrawacana.id

Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP
Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP (pixabay/Pexels)

Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut.

Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan.

Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik?

A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia

B. Menunjukan beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya

C. Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan

D. Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya

Jawaban:

A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia

Baca juga: Ibu Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan memerlukan kegiatan remedial di kelasnya

Pembahasan:

Bu Maria, seorang guru bahasa SMP, ingin mengajak para peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran.

Beliau telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut.

Namun, bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran merupakan sebuah kegiatan baru. Mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan secara lisan.

Alhasil, dalam proses refleksi yang berlangsung, para peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan.

Menyadari hal tersebut, Bu Maria mencari solusi agar proses refleksi pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan baik.

Beliau memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia.

Baca juga: Apa tantangan yang anda hadapi untuk melakukan praktik kinerja yang direncanakan selama observasi kelas?

Langkah ini dipilih karena beberapa alasan:

Peserta didik tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan secara lisan: Memberikan kesempatan untuk menulis dapat membantu mereka untuk lebih terbuka dan reflektif. Selain itu, cara ini memastikan semua peserta didik memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam refleksi.

Refleksi pembelajaran adalah proses yang individual: Memberikan pilihan untuk menulis atau berbicara memungkinkan peserta didik untuk memilih cara yang paling nyaman bagi mereka untuk berefleksi.

Menulis dapat membantu peserta didik untuk:

  • Mengorganisir pikiran mereka.
  • Mengekspresikan diri mereka dengan lebih jelas.
  • Memperdalam pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.

Dengan memberikan pilihan untuk menulis, Bu Maria dapat membantu para peserta didik yang merasa tidak nyaman untuk berbicara secara lisan untuk tetap berpartisipasi dalam refleksi pembelajaran.

Selain itu, cara ini juga membantu mereka untuk lebih terbiasa dengan proses refleksi dan meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.

Baca juga: Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan

Langkah-langkah yang dapat dilakukan Bu Maria:

1. Menjelaskan kepada peserta didik tentang pentingnya refleksi pembelajaran.

2. Memberikan beberapa pertanyaan panduan untuk membantu mereka dalam proses refleksi.

3. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih cara mereka ingin berpartisipasi dalam refleksi, baik secara lisan maupun tertulis.

4. Menyediakan waktu yang cukup bagi peserta didik untuk berrefleksi.

5. Memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada peserta didik.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Bu Maria dapat membantu para peserta didik untuk:

  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif.
  • Meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.
  • Lebih termotivasi untuk belajar.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia

Tags