Akademis

Apa Arti dari Audible dalam Prinsip Komunikasi Efektif Reach?

Dalam prinsip komunikasi efektif REACH, “Audible” berarti pesan yang disampaikan dapat didengar dan dimengerti dengan mudah oleh penerima pesan. Berikut beberapa poin penting mengenai arti Audible:

1. Kejelasan: Pesan yang disampaikan harus jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan jargon, istilah teknis, atau bahasa yang rumit yang mungkin tidak dipahami oleh penerima pesan. Gunakan bahasa yang sederhana dan lugas agar pesan dapat diterima dengan mudah.

2. Ketepatan: Pastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan tujuan komunikasi. Hindari berbelit-belit atau menyampaikan informasi yang tidak relevan. Fokus pada informasi yang penting dan sampaikan secara ringkas dan padat.

3. Kesesuaian: Cara penyampaian pesan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Perhatikan volume suara, intonasi, dan bahasa tubuh agar pesan dapat diterima dengan baik.

4. Kemampuan mendengar: Seorang komunikator yang baik juga harus mampu mendengar dengan baik. Perhatikan respon dan feedback dari penerima pesan untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan diterima dengan baik dan dipahami dengan benar.

5. Penggunaan media: Gunakan media yang tepat untuk menyampaikan pesan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jarak, waktu, dan jumlah penerima pesan untuk memilih media yang paling efektif.

Contoh:

  • Saat memberikan presentasi, pastikan Anda berbicara dengan jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens.
  • Saat menulis email, perhatikan struktur kalimat dan tata bahasa agar mudah dibaca dan dipahami.
  • Saat berkomunikasi dengan orang asing, perhatikan bahasa tubuh dan gestur agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Dengan menerapkan prinsip Audible dalam komunikasi, Anda dapat memastikan bahwa pesan yang Anda sampaikan diterima dengan baik dan dipahami dengan benar oleh penerima pesan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)