Biografi berasal dari kata bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya, biografi berasal dari bahasa?

Sastrawacana.id

Biografi berasal dari kata bios berarti hidup dan graphien berarti tulis
Biografi berasal dari kata bios berarti hidup dan graphien berarti tulis (pexels/Karolina Grabowska)

Biografi berasal dari kata bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya, biografi berasal dari bahasa Yunani.

Kata “bios” dalam bahasa Yunani berarti hidup, sedangkan “graphia” berarti tulisan. Oleh karena itu, biografi secara harfiah berarti “tulisan tentang kehidupan”.

Kata biografi pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke-17 dan maknanya telah berkembang selama berabad-abad untuk mencakup berbagai jenis tulisan tentang kehidupan seseorang, termasuk otobiografi, biografi resmi, dan biografi non-fiksi.

Baca juga: Nilai Faktual dari Sebuah Biografi Bisa Dilihat Berdasarkan?

Biografi dapat menjadi sumber informasi yang berharga tentang kehidupan orang lain, baik yang terkenal maupun yang tidak dikenal.

Biografi dapat membantu kita untuk memahami:

1. Latar belakang dan motivasi seseorang

Biografi dapat memberikan informasi tentang masa kecil, pendidikan, dan pengalaman hidup seseorang yang membantu kita memahami mengapa mereka bertindak dengan cara tertentu.

2. Tantangan dan rintangan yang dihadapi seseorang

Biografi sering menceritakan tentang tantangan dan rintangan yang dihadapi seseorang dalam hidup mereka, dan bagaimana mereka mengatasinya.

Hal ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita untuk menghadapi tantangan kita sendiri.

3. Kontribusi seseorang kepada masyarakat

Biografi dapat menyoroti kontribusi seseorang kepada masyarakat, baik dalam bidang politik, bisnis, seni, atau bidang lainnya.

Hal ini dapat membantu kita untuk menghargai pencapaian mereka dan belajar dari pengalaman mereka.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia