Pendidikan

10 Contoh Kerajinan yang Banyak Menggunakan Ragam Hias

Kerajinan ragam hias adalah jenis kerajinan tangan yang dihiasi dengan motif-motif indah untuk mempercantik tampilannya.

Motif-motif ini dapat berupa gambar flora, fauna, geometris, abstrak, atau kombinasi dari beberapa motif.

Kerajinan ragam hias dibuat dengan berbagai macam bahan, seperti kain, kayu, logam, keramik, kulit, dan lain sebagainya.

Teknik pembuatannya pun beragam, tergantung pada jenis bahan dan motif yang digunakan.

Tujuan utama kerajinan ragam hias adalah untuk menghias dan mempercantik benda.

Selain itu, kerajinan ragam hias juga dapat memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Kerajinan ini sering kali menjadi warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Baca juga: 10 Contoh Kerajinan dari Kulit Jagung, Kreatif dan Bermanfaat

Contoh Kerajinan yang Banyak Menggunakan Ragam Hias

Berikut beberapa contoh kerajinan yang banyak menggunakan ragam hias:

1. Batik

Batik adalah salah satu kerajinan tangan khas Indonesia yang terkenal dengan keindahan motif dan warnanya. Ragam hias yang sering digunakan dalam batik antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

2. Ukiran

Ukiran adalah seni menghias benda dengan cara memahat, menatah, atau mengukir permukaannya. Ragam hias yang sering digunakan dalam ukiran antara lain motif flora, fauna, geometris, dan wayang.

3. Tenun

Tenun adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan cara menyilang benang lusi dan benang pakan. Ragam hias yang sering digunakan dalam tenun antara lain motif geometris, flora, fauna, dan abstrak.

4. Anyaman

Anyaman adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan cara menganyam berbagai bahan seperti bambu, rotan, dan pandan. Ragam hias yang sering digunakan dalam anyaman antara lain motif geometris dan garis-garis.

Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Fungsinya

5. Sulam

Sulam adalah seni menghias kain dengan cara menusuk jarum dan benang. Ragam hias yang sering digunakan dalam sulam antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

6. Keramik

Keramik adalah kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Ragam hias yang sering digunakan dalam keramik antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

7. Perhiasan

Perhiasan adalah benda yang dipakai untuk mempercantik diri, seperti kalung, gelang, dan cincin. Ragam hias yang sering digunakan dalam perhiasan antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

8. Topeng

Topeng adalah benda yang menutupi wajah dan biasanya digunakan untuk pertunjukan seni atau ritual. Ragam hias yang sering digunakan dalam topeng antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

9. Wayang

Wayang adalah boneka yang terbuat dari kulit, kayu, atau bahan lainnya dan biasanya digunakan untuk pertunjukan seni. Ragam hias yang sering digunakan dalam wayang antara lain motif flora, fauna, geometris, dan abstrak.

10. Kain Tapis

Kain tapis adalah kain tradisional Lampung yang terbuat dari benang sutra dan biasanya digunakan untuk acara adat. Ragam hias yang sering digunakan dalam kain tapis antara lain motif geometris dan flora.

Selain kerajinan-kerajinan di atas, masih banyak lagi kerajinan tangan lain yang menggunakan ragam hias. Ragam hias yang digunakan dalam kerajinan tangan biasanya mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)