Akademis

Keras lembutnya bunyi musik disebut?

Keras lembutnya bunyi musik disebut dinamika.

Dinamika musik adalah salah satu aspek penting dalam musik yang mengacu pada variasi dalam volume atau intensitas suara selama sebuah karya musik.

Dinamika ini mencakup perubahan suara dari yang lembut hingga keras atau dari yang pelan hingga keras, yang dapat memberikan dimensi ekspresif yang kaya dalam musik.

Dinamika menciptakan kontrast dan emosi dalam komposisi musik, memungkinkan pendengar untuk merasakan perasaan yang berbeda saat mendengarkan.

Dinamika biasanya digunakan oleh komposer untuk menyesuaikan musik terhadap isi dari lirik tersebut.

Sehingga dapat dikatakan jika dinamika sebagai “ruh” dari musik yang dapat menunjukkan sisi sedih, gembira, datar, maupun agresif.

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam konteks dinamika musik antara lain:

1. Piano (p): Ini adalah instruksi untuk memainkan dengan lembut atau pelan. Ketika melihat notasi “piano” dalam lembar musik, pemain atau penyanyi akan mengurangi volume suara mereka.

2. Forte (f): Instruksi ini mengarahkan pemain atau penyanyi untuk memainkan atau menyanyikan dengan keras atau kuat.

3. Crescendo: Tanda atau instruksi untuk memainkan atau menyanyikan dengan meningkatnya volume secara bertahap. Biasanya ditandai dengan simbol “<” yang mengarah ke atas.

4. Decrescendo atau diminuendo: IKebalikan dari crescendo. Ini mengarahkan pemain atau penyanyi untuk memainkan atau menyanyikan dengan penurunan volume secara bertahap. Biasanya ditandai dengan simbol “>” yang mengarah ke bawah.

5. Fortissimo (ff): Instruksi ini lebih kuat dari “forte” dan mengarahkan pemain atau penyanyi untuk memainkan dengan sangat keras.

6. Pianissimo (pp): Instruksi ini lebih lembut dari “piano” dan mengarahkan pemain atau penyanyi untuk memainkan dengan sangat lembut.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)