Berita

Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) Tuduh petinggi Amazon Telah Hilangkan Bukti Potensial dengan Menggunakan Aplikasi Seperti Signal

Para pengacara FTC mengajukan dokumen pada hari Kamis yang menyatakan bahwa eksekutif puncak Amazon menggunakan fitur pesan hilang di Signal untuk menghancurkan bukti yang relevan dengan gugatan antimonopoli besar-besaran yang diajukan badan tersebut.

The Washington Post (yang dimiliki oleh pendiri dan mantan CEO Amazon, Jeff Bezos) melaporkan bahwa Amazon hanyalah satu dari beberapa perusahaan yang baru-baru ini dituduh beralih ke aplikasi pesan terenkripsi seperti Signal yang dapat menghapus pesan secara permanen secara otomatis.

Anda mungkin ingat pemerintah menggunakan argumen serupa tentang penggunaan Signal oleh Sam Bankman-Fried selama persidangannya atas penipuan dan bagaimana putusan itu pada akhirnya terungkap.

Chat yang dihapus juga menjadi poin penting bagi setidaknya satu juri dalam kekalahan ruang sidang Google baru-baru ini dari Epic Games dan muncul dalam persidangan antimonopoli DOJ terhadap Google.

Dokumen pengajuan FTC minggu ini termasuk tangkapan layar obrolan Signal antara dua eksekutif Amazon yang mengatakan, “Apakah Anda merasa terenkripsi?” dan kemudian melanjutkan untuk mengaktifkan pesan yang hilang.

Pengacara FTC mengatakan Bezos, CEO saat ini Andy Jassy, penasihat hukum umum David Zapolsky, mantan CEO operasi global Dave Clark, dan eksekutif lainnya semuanya adalah pengguna Signal.

Bezos diidentifikasi dalam dokumen sebagai “pengguna berat Signal” yang menginstruksikan orang lain untuk menggunakan aplikasi tersebut, meskipun peretasan ponsel pribadinya pada tahun 2018 mungkin menjadi bagian dari alasannya.

Dan karena Amazon tidak menginstruksikan karyawan untuk menyimpan pesan yang dikirim di aplikasi tersebut sampai lebih dari 15 bulan setelah diberitahu tentang penyelidikan, FTC berpendapat, “Sangat mungkin bahwa informasi relevan telah dihancurkan akibat tindakan dan kelambatan Amazon.”

Para pengacara FTC sedang menyelidiki upaya Amazon untuk menyimpan dokumen sehingga mereka dapat mengetahui berapa banyak informasi yang mungkin hilang.

Meskipun ada permintaan dokumen terkait tentang saran apa yang diberikan Amazon kepada karyawan tentang aplikasi pesan sementara pada musim gugur lalu, FTC mengklaim bahwa Amazon sejauh ini menolak untuk menyerahkan sebagian besar dari apa yang diminta.

Jika hakim menemukan bahwa Amazon lalai dalam gagal menyimpan data yang terkait dengan kasus tersebut, Amazon bisa menghadapi sanksi, dan situasinya bisa menjadi lebih buruk jika hakim menemukan bahwa kelalaian tersebut disengaja.

Sumber: The Verge

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)