Islam, baligh, berakal sehat, laki laki, mukim hal hal tersebut merupakan?

Sastrawacana.id

syarat wajib sholat jumat
syarat wajib sholat jumat (unsplash/Masjid Pogung Raya)

Islam, baligh, berakal sehat, laki-laki, mukim adalah syarat wajib untuk melaksanakan Sholat Jumat dalam Islam.

Kelima syarat ini harus terpenuhi agar seseorang diwajibkan untuk menghadiri Sholat Jumat.

Mari kita bahas masing-masing syarat tersebut:

1. Islam (Islam)

Orang tersebut harus beragama Islam. Ini berarti ia harus dengan tulus ikhlas menyatakan imannya kepada keesaan Allah dan menerima Nabi Muhammad (shallallahu alaihi wa sallam) sebagai utusan-Nya.

2. Baligh (Baligh)

Orang tersebut harus sudah mencapai usia baligh. Biasanya ini ditentukan oleh tanda-tanda fisik atau selesainya usia tertentu, tergantung pada mazhab (aliran) fiqih Islam yang berbeda.

3. Berakal Sehat (Berakal Sehat)

Orang tersebut harus berakal sehat dan tidak mengalami gangguan jiwa. Ini berarti ia harus mampu memahami makna dan tujuan sholat serta melaksanakannya dengan benar.

4. Laki-laki (Laki-laki)

Orang tersebut harus laki-laki. Sholat Jumat wajib dilaksanakan oleh laki-laki, sementara perempuan dianjurkan namun tidak wajib untuk hadir.

5. Mukim (Mukim)

Orang tersebut harus bermukim di daerah tempat Sholat Jumat dilaksanakan. Ini berarti ia berniat untuk tinggal di daerah tersebut selama minimal 15 hari atau lebih.

Jika seseorang tidak memenuhi salah satu dari syarat-syarat ini, maka ia tidak wajib menghadiri Sholat Jumat. Namun, ia tetap dianjurkan untuk hadir jika ia mampu melakukannya.

Perlu diingat bahwa syarat-syarat ini khusus berlaku untuk Sholat Jumat. Sholat wajib lainnya, seperti sholat lima waktu, memiliki ketentuan tersendiri yang harus dipenuhi.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia