Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024, Singkat dan Bermakna

Sastrawacana.id

Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional
Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional (pexels)

Tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Momen istimewa ini tidak hanya menjadi pengingat akan jasa para pahlawan pendidikan, tetapi juga menjadi momentum refleksi dan kebangkitan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Di tengah berbagai tantangan dan perubahan yang dihadapi dunia pendidikan, semangat Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa perlu terus dikobarkan.

Beliau menanamkan nilai-nilai kemerdekaan belajar, kemandirian, dan gotong royong dalam dunia pendidikan, yang menjadi landasan bagi kemajuan bangsa.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Tentang Kemerdekaan Singkat dan Bermakna

Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, biasanya instansi atau lembaga akan mengadakan sebuah refleksi yang diisi dengan pidato terkait pendidikan.

Nah, buat kalian yang akan mengisi pidato pada Hari Pendidikan Nasional, berikut adalah contoh yang bisa dijadikan rekomendasi.

Assalamualaikum, wr.wb

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2024.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam jahiliah menuju alam yang terang benderang dengan ilmu pengetahuan.

Hadirin yang saya hormati,

Hari Pendidikan Nasional ini merupakan momen penting untuk mengenang jasa pahlawan pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara.

Semangat Ki Hajar Dewantara dalam memajukan pendidikan di Indonesia patut kita teladani. Beliau bercita-cita untuk menciptakan pendidikan yang memerdekakan manusia, yaitu pendidikan yang berpusat pada murid dan berorientasi pada pengembangan karakter.

Hadirin yang saya hormati,

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Tema ini sangatlah relevan dengan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini, yang masih dihadapkan dengan berbagai tantangan.

Pandemi COVID-19 yang melanda selama tiga tahun terakhir telah membawa dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring, yang tidak jarang menimbulkan kendala dan hambatan.

Oleh karena itu, tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” menjadi seruan bagi kita semua untuk bersatu padu dalam membangun kembali pendidikan Indonesia yang berkualitas.

Hadirin yang saya hormati,

Pemerintah telah mengambil berbagai langkah untuk memulihkan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menerapkan kurikulum merdeka, yang memberikan keleluasaan bagi sekolah dan guru untuk berinovasi dalam pembelajaran.

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur pendidikan dan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun, upaya pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak. Kita semua harus bahu membahu dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Marilah kita jadikan Hari Pendidikan Nasional ini sebagai momentum untuk meningkatkan komitmen kita dalam mencerdaskan bangsa.

Kepada para guru dan tenaga kependidikan,

Terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mencerdaskan anak bangsa. Teruslah berinovasi dan berkarya dalam memberikan pendidikan terbaik bagi para murid.

Kepada para murid,

Belajarlah dengan tekun dan semangat. Gunakanlah ilmu pengetahuan yang kalian peroleh untuk membangun masa depan bangsa yang lebih gemilang.

Kepada orang tua,

Berikanlah dukungan dan motivasi kepada anak-anak untuk belajar dan berprestasi. Ciptakanlah lingkungan belajar yang kondusif di rumah.

Marilah kita semua bersatu padu untuk pulih bersama dan bangkitkan generasi unggul untuk Indonesia yang maju dan sejahtera.

Merdeka Belajar!

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia