Akademis

Ketika bayi baru lahir tingginya 50 cm, setelah 1 bulan diukur tingginya di posyandu menjadi 55 cm. Hal ini merupakan ciri makhluk hidup yaitu?

Ketika bayi baru lahir tingginya 50 cm, setelah 1 bulan diukur tingginya di posyandu menjadi 55 cm. Hal ini merupakan ciri makhluk hidup yaitu?

a. tumbuh
b. memerlukan nutrisi
c. berkembang
d. berkembang biak

Jawaban:

a. tumbuh

Pembahasan:

Tumbuh adalah bertambahnya ukuran atau volume dari makhluk hidup atau bagian-bagiannya.

Peningkatan tinggi bayi dari 50 cm menjadi 55 cm dalam waktu 1 bulan menunjukkan adanya proses pertumbuhan.

Pertumbuhan adalah ciri makhluk hidup yang mengacu pada peningkatan ukuran atau jumlah sel, organisme, atau struktur tubuh dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Indikator status gizi anak yang menilai apakah tinggi badan anak pendek atau tidak adalah?

Seiring dengan pertumbuhan, makhluk hidup juga akan mengalami perkembangan, tetapi dalam konteks ini yang paling sesuai adalah pertumbuhan.

Pertumbuhan pada makhluk hidup adalah proses peningkatan ukuran atau jumlah sel, organisme, atau struktur tubuh dalam jangka waktu tertentu.

Dalam kasus bayi yang disebutkan, peningkatan tinggi dari 50 cm menjadi 55 cm menunjukkan bahwa tubuh bayi tersebut sedang tumbuh.

Tumbuhnya bayi tersebut mengindikasikan bahwa sel-sel tubuhnya berkembang dan bereproduksi, menyebabkan peningkatan ukuran tubuh secara keseluruhan.

Proses pertumbuhan adalah ciri khas makhluk hidup yang penting untuk menjaga kelangsungan hidup dan fungsi organisme.

Pertumbuhan berlangsung sepanjang kehidupan makhluk hidup, meskipun tingkat pertumbuhannya dapat berbeda-beda pada berbagai tahap kehidupan.

Misalnya, pertumbuhan pada bayi dan anak-anak cenderung lebih cepat daripada pada orang dewasa.

Dengan demikian, peningkatan tinggi bayi dari 50 cm menjadi 55 cm setelah 1 bulan merupakan contoh konkret dari proses pertumbuhan pada makhluk hidup.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)