Akademis

Gas pencemar yang paling berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian jika masuk ke dalam darah adalah?

Gas pencemar yang paling berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian jika masuk ke dalam darah adalah?

a. CO2

b. CO

c. NO2

d. H2O

e. H2SO4

Jawaban:

b. CO

Baca juga: Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut?

Pembahasan:

Karbon monoksida (CO) merupakan gas yang sangat berbahaya karena dapat menggantikan oksigen dalam darah dan membentuk karboksihemoglobin, yang mengganggu kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Hal ini dapat mengakibatkan hipoksia (kurangnya oksigen) pada organ-organ tubuh, termasuk otak dan jantung, yang dapat berujung pada kematian.

Gejala keracunan CO dapat berupa sakit kepala, pusing, mual, muntah, kelelahan, kebingungan, dan hilangnya kesadaran. Dalam kasus yang parah, keracunan CO dapat menyebabkan kematian.

Sumber utama CO adalah pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti gas alam, batu bara, dan propana. CO juga dapat dihasilkan dari asap rokok, knalpot kendaraan bermotor, dan pembakaran kayu.

Baca juga: Unsur lantanida dan aktinida dalam sistem periodik bentuk panjang terletak pada?

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari keracunan CO:

  • Pastikan ventilasi yang baik: Pasang ventilasi yang baik di rumah, terutama di ruangan yang menggunakan bahan bakar fosil untuk pemanasan atau memasak.
  • Pasang detektor CO: Pasang detektor CO di rumah, terutama di dekat sumber potensi CO seperti tungku, pemanas air, dan garasi.
  • Jangan gunakan generator portabel di dalam ruangan: Generator portabel dapat menghasilkan CO, jadi jangan gunakan generator portabel di dalam ruangan atau di dekat jendela atau pintu yang terbuka.
  • Periksa peralatan pemanas dan pendingin ruangan secara rutin: Pastikan peralatan pemanas dan pendingin ruangan diperiksa dan dirawat secara rutin oleh teknisi yang berkualifikasi.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kita dapat membantu melindungi diri dan keluarga dari bahaya keracunan CO.

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia