Akademis

Penyakit minamata yang pernah melanda jepang disebabkan oleh pencemaran?

Penyakit minamata yang pernah melanda jepang disebabkan oleh pencemaran?

a. karbon monoksida (CO)
b. karbondioksida (CO2)
c. merkuri (Hg)
d. nitrogen dioksida (NO2)
e. sulfur dioksida (SO2)

Jawaban:

c. merkuri (Hg)

Baca juga: Gas pencemar yang paling berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian jika masuk ke dalam darah adalah?

Pembahasan:

Penyakit Minamata adalah penyakit neurologis yang disebabkan oleh keracunan merkuri.

Penyakit ini pertama kali diidentifikasi di Minamata, Jepang pada tahun 1950-an, dan disebabkan oleh konsumsi ikan dan kerang yang terkontaminasi merkuri.

Merkuri dilepaskan ke Teluk Minamata oleh pabrik Chisso Corporation selama bertahun-tahun, dan menumpuk di dalam tubuh ikan dan kerang.

Gejala penyakit Minamata dapat berupa mati rasa, kesemutan, kelemahan otot, gangguan penglihatan, kerusakan otak, dan bahkan kematian. Penyakit ini dapat diturunkan dari ibu ke anak melalui plasenta.

Penyakit Minamata merupakan tragedi lingkungan yang mengerikan, dan menjadi pengingat penting tentang bahaya pencemaran merkuri.

Kasus ini mendorong diberlakukannya peraturan yang lebih ketat tentang emisi merkuri dan penggunaan merkuri dalam industri.

Berikut adalah beberapa sumber pencemaran merkuri lainnya:

  • Penambangan dan pengolahan merkuri: Penambangan dan pengolahan merkuri dapat melepaskan merkuri ke udara dan air.
  • Pembakaran batu bara: Batu bara mengandung merkuri dalam jumlah kecil, dan pembakaran batu bara dapat melepaskan merkuri ke udara.
  • Pembuangan limbah industri: Beberapa industri, seperti industri pulp dan kertas, menghasilkan limbah yang mengandung merkuri. Limbah ini dapat mencemari air dan tanah jika tidak dibuang dengan benar.
  • Produk elektronik: Beberapa produk elektronik, seperti lampu neon dan termometer, mengandung merkuri. Merkuri dapat dilepaskan ke lingkungan jika produk ini tidak dibuang dengan benar.

Pencemaran merkuri dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Kita semua harus melakukan upaya untuk mengurangi pencemaran merkuri, seperti dengan menggunakan produk yang bebas merkuri, mendaur ulang produk elektronik, dan mendukung peraturan yang lebih ketat tentang emisi merkuri.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)