Dari hasil refleksi, murid dapat turut serta untuk menentukan pilihan topik projek

Sastrawacana.id

tujuan dari observasi yang harus dilakukan murid
tujuan dari observasi yang harus dilakukan murid (pexels)

Dari hasil refleksi, murid dapat turut serta untuk menentukan pilihan topik projek. Pada tahap berikutnya, murid dapat melakukan observasi pada saat proses melakukan projek profil. Apa tujuan dari observasi yang harus dilakukan murid?

A. Mengkaji topik pilihannya supaya sesuai dengan keinginan guru.

B. Melaporkan pilihan topik hasil refleksi kepada guru

C. Mendapatkan penilaian oleh guru supaya dapat melanjutkan ke tahap pembelajaran berikutnya.

D Mencari dan menemukan data objektif dan referensi informasi yang relevan untuk mendukung topik pilihannya.

Jawaban:

D Mencari dan menemukan data objektif dan referensi informasi yang relevan untuk mendukung topik pilihannya.

Baca juga: Refleksi Aksi Nyata Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

Pembahasan:

Observasi dalam konteks ini merujuk pada kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh murid selama proses pengerjaan proyek profil yang dipilihnya.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan data objektif dan referensi informasi yang relevan yang dapat mendukung topik pilihannya.

Dengan melakukan observasi, murid dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memahami topik secara lebih dalam, mengidentifikasi tren atau pola yang relevan, dan menemukan sumber daya yang berguna untuk pengembangan proyeknya.

Misalnya, jika seorang murid memilih topik tentang efek perubahan iklim di lingkungan sekitarnya, observasi dapat melibatkan pengamatan langsung terhadap fenomena cuaca, lingkungan alam, perubahan pola musim, atau dampaknya pada kehidupan hewan dan tumbuhan di sekitar.

Dengan melakukan observasi ini, murid dapat mengumpulkan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan proyek profilnya lebih lanjut.

Jadi, tujuan dari observasi yang dilakukan oleh murid adalah untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan yang akan mendukung dan memperkaya pemahaman serta pengembangan proyek profil yang dipilihnya.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia