Akademis

Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda

Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah?

A. Bagaimana cara mengubah air menjadi es?

B. Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?

C. Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?

D. Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?

Jawaban:

C. Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?

Baca juga: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam generasi 4.0 ini mengakibatkan timbulnya masalah-masalah adanya trend globalisasi

Pembahasan:

Di kelas 6, Pak Anto berniat membawa siswanya menyelami dunia sains yang penuh keajaiban, yaitu fenomena perubahan wujud benda.

Pertanyaan menjadi alat vital untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan mendorong pemahaman siswa.

Di antara pilihan yang tersedia, pertanyaan C, “Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?”, tampil sebagai kunci untuk membuka pembelajaran yang efektif.

Pertanyaan ini bukan hanya membangkitkan rasa ingin tahu, tetapi juga membuka ruang diskusi yang luas.

Siswa didorong untuk berpikir kritis tentang hubungan sebab akibat antara suhu dan transformasi menakjubkan yang terjadi pada benda di sekitar mereka.

Bagaimana air bisa membeku menjadi es? Mengapa es krim meleleh di bawah terik matahari?

Pertanyaan ini mengundang siswa untuk menjelajahi berbagai jenis perubahan wujud (padat, cair, gas) dan bagaimana suhu berperan dalam proses tersebut.

Lebih dari itu, pertanyaan C membantu siswa menghubungkan konsep suhu dan perubahan wujud, dua poin penting dalam materi pembelajaran.

Dengan memahami hubungan ini, siswa dapat melihat gambaran yang lebih menyeluruh tentang fenomena yang mereka amati di kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan ini bukan hanya berhenti pada pemahaman konsep, tetapi juga memicu eksplorasi lebih lanjut.

Siswa didorong untuk mencari tahu berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi perubahan wujud benda.

Apakah tekanan udara berperan? Bagaimana pengaruh zat lain yang dicampurkan?

Pertanyaan-pertanyaan ini mengantarkan siswa pada penemuan-penemuan baru dan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia di sekitar.

Dengan menggunakan pertanyaan C sebagai pemantik, Pak Anto dapat menciptakan pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik, interaktif, dan bermakna bagi siswanya.

Pertanyaan ini menjadi gerbang untuk membuka rasa ingin tahu, mendorong diskusi yang kaya, dan menginspirasi eksplorasi yang mendalam, menjadikan pembelajaran perubahan wujud benda di kelas 6 sebuah petualangan sains yang tak terlupakan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)