Akademis

Pengertian Radiasi Benda Hitam dan Contohnya

Radiasi benda hitam sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, tapi jarang disadari oleh kebanyakan manusia.

Sebagai contohnya, pernahkah kamu merasakan gerah ketika mengenakan baju berwarna hitam? Jika pernah, itu adalah salah satu fenomena fisika yang disebut radiasi benda hitam.

Untuk mengenal apa itu radiasi benda hitam, kali ini Sastrawacana.id akan memberikan informasi tentang pengertian radiasi benda hitam yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Pengertian Elektroskop, Manfaat, dan Cara Merakitnya

Pengertian Radiasi Benda Hitam

Sebelum membahas radiasi benda hitam, mari kita urai terlebih dahulu satu persatu agar bisa memahami konsepnya lebih jelas.

Radiasi adalah pancaran energi dari suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton).

Kemudian benda hitam adalah warna yang tidak dapat memantulkan cahaya, bahkan justru menyerapnya.

Sehingga jika digabungkan, radiasi benda hitam dapat disebut sebagai segala benda berwarna hitam yang tidak dapat memantulkan cahaya sehingga dapat memancarkan radiasi di sekelilingnya yang membuat suhu meningkat.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Gravitasi? Ini Penjelasannya

Secara teori, radiasi benda hitam adalah radiasi elektromagnetik termal yang terjadi di dalam atau di sekitar benda dalam keadaan kesetimbangan termodinamika dengan lingkungannya atau saat ada proses pelepasan dari benda hitam.

Sederhananya, pengertian radiasi benda hitam adalah semua benda berwarna hitam yang mampu menyerap radiasi (cahaya) dan tidak memantulkannya.

Penyerap radiasi yang baik juga merupakan pemancar radiasi yang baik pula. Radiasi yang dihasilkan oleh benda hitam sempurna disebut radiasi benda hitam.

Umumnya, semua benda yang mendapat cahaya akan menyerap radiasi kemudian memantulkannya. Sebagai contoh cahaya berwarna hijau (daun) yang dapat memantulkan cahaya sehingga dapat kita lihat (nampak).

Berbeda dengan benda hitam yang hanya dapat menyerap tanpa memantulkannya kembali sehingga terjadi peningkatan suhu di sekelilingnya.

Contoh Radiasi Benda Hitam

Contoh radiasi benda hitam adalah ketika kita mengenakan baju warna hitam pasti akan terasa lebih panas. Hal tersebut karena baju warna hitam menyerap cahaya dan tidak dapat memantulkannya.

Sehingga, cahaya yang terkumpul tersebut akan memaparkan energi yang membuat suhu meningkat di tubuh. Alhasil, kita menjadi gerah, apalagi saat digunakan di siang hari.

Baca juga: Pengertian Nukleotida Adalah? Berikut Penjelasannya

Contoh lain dari radiasi benda hitam adalah efek rumah kaca, dimana radiasi matahari yang masuk ke Bumi akan dipantulkan kembali dan diserap oleh gas-gas atmosfer.

Radiasi yang terperangkap di atmosfer tersebut akan menyebabkan suhu di bumi meningkat sehingga terasa lebih panas.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)