Belajar adalah sebuah hal penting dan wajib bagi setiap siswa untuk dapat mendongkrak prestasi. Namun walau belajar adalah kegiatan yang penting, nyatanya tidak sedikit yang merasa jenuh, bosan, dan sulit konsentrasi ketika belajar dengan berbagai alasan.

Salah satu alasan kenapa belajar jadi tidak maksimal adalah faktor lingkungan dan tempat. Ya, kamu pun pasti merasakannya. Belajar tidak dapat konsen dan terasa jenuh jika dilakukan di dalam kamar.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba tempat baru untuk belajar. Sebab selain di dalam kamar, masih ada beberapa tempat menarik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Berikut diantaranya:

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Menunjang Prestasi di Sekolah

1. Perpustakaan

perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang menyediakan berbagai macam jenis buku, mulai dari buku ilmiah, jurnal, skripsi, novel, dan berbagai macam buku lainnya. Perpustakaan bisa kamu gunakan untuk tempat belajar yang nyaman. Selain tidak bising, perpustakaan juga menyediakan bahan atau materi pembelajaran yang lengkap sehingga akses informasi semakin besar.

2. Kafe

grogi wawancara kerja
Photo: pexels.com

Selanjutnya kamu juga bisa belajar di kafe. Kamu bisa belajar dengan asik sambil minum kopi dan wifian. Tapi ingat, kafe yang dipilih haruslah kafe umum, bukan kafe yang penuh dengan musik dan kebisingan. Pilihlah kafe yang tenang, nyaman, dan diisi lagu mellow sehingga proses belajar semakin asik dan menyenangkan.

3. Taman

belajar di taman

Kalau biasanya taman digunakan untuk jalan-jalan, maka kamu juga bisa menggunakannya untuk tempat belajar yang nyaman. Kamu bisa belajar sambil refreshing. Suasana dan angin yang segar akan memberikan sensasi baru yang bisa meningkatkan semangat belajar. Kalau perlu, kamu juga bisa membawa bekal makanan agar semakin betah berlama-lama belajar di taman.

4. Pantai

belajar di pantai

Pantai biasanya digunakan untuk bersantai dan memanjakan diri. Kebanyakan orang di pantai sangat suka berjemur. Nah, kalau kamu suka berjemur di pantai, maka tak ada salahnya kegiatan ini kamu selingi dengan belajar. Kamu bisa membawa buku ke pantai dan menikmati semilir angin dengan membaca. Agar suasana lebih menyenangkan, kamu bisa memesan minuman atau makanan ringan sebagai teman belajarmu.

5. Sawah

sawah

Tempat belajar yang nyaman selanjutnya adalah sawah. Tempat ini cocok bagi kamu yang suka dengan nuansa alami tanpa kebisingan. Jadi, ketika kamu merasa bosan dengan hiruk pikuk kota dan polusi udara, kamu bisa merileksasikan diri ke sawah. Sembari menenangkan diri, kamu bisa membawa buku ke sawah untuk belajar.

6. Sungai

belajar di sungai

Pernah belajar di sungai? Kalau belum, tidak ada salahnya kamu mencoba. Tempat ini cocok bagi yang hidup di pedesaan. Suara aliran air bisa membuat otak tenang sehingga belajar pun semakin nyaman.

Nah, itulah beberapa tempat asik untuk belajar selain di kelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk semangat belajar, ya!