Lifestyle

Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer?

Mil adalah satuan panjang atau satuan jarak yang digunakan di beberapa negara, seperti Amerika dan Inggris.

Satuan ini biasanya digunakan untuk mengukur jarak atau panjang yang relatif pendek, seperti jarak antara dua kota atau panjang rute sebuah balapan.

Secara umum, satu mil sama dengan 1,60934 kilometer. Angka ini berasal dari konversi standar internasional yang digunakan untuk mengonversi satuan panjang dari mil ke kilometer.

Satuan ini memiliki sejarah panjang dan telah mengalami perubahan nilai konversi seiring berjalannya waktu.

Konversi ini didasarkan pada panjang jarak rata-rata dari satu derajat garis bujur pada lingkaran besar bumi.

Satu derajat garis bujur di bumi sekitar 111,32 kilometer. Oleh karena itu, konversi dari mil ke kilometer didasarkan pada perbandingan antara jarak satu derajat garis bujur dengan jarak mil yang sama.

Namun, sepanjang sejarah konversi ini mengalami perkembangan. Pada awalnya, nilai konversi dari mil ke kilometer sangat bervariasi di berbagai negara.

Misalnya, pada tahun 1817, Prancis mengadopsi nilai 1 mil sama dengan 1.000 toise (sejenis satuan panjang yang digunakan pada waktu itu), yang sama dengan sekitar 1,852 kilometer.

Sedangkan di Inggris, nilai konversi dari mil ke kilometer sekitar 1,60934 kilometer, yang baru diadopsi pada tahun 1959.

Pada akhir abad ke-18, konversi yang paling umum digunakan adalah 1 mil sama dengan 1,60934721869444 kilometer.

Angka ini didasarkan pada perhitungan yang menggunakan panjang meridian bumi, yaitu garis melintang yang melalui kutub utara dan selatan.

Namun, angka ini dianggap terlalu rumit dan sulit diingat, sehingga kemudian digantikan oleh angka 1,60934 kilometer.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker