Pendidikan

Pengertian Letter of Acceptance (LoA), Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan adalah dokumen resmi yang diberikan oleh sebuah lembaga atau institusi kepada seseorang yang telah diterima sebagai anggota, karyawan, mahasiswa, atau peserta dalam suatu program, acara, atau kesepakatan tertentu.

LoA berfungsi sebagai bukti tertulis yang menegaskan bahwa penerima telah berhasil lolos seleksi atau proses penilaian dan secara resmi diterima oleh pihak yang memberikan surat tersebut.

Surat ini berisi informasi penting mengenai persyaratan, tanggung jawab, atau hal-hal lain yang perlu diketahui dan dipatuhi oleh penerima.

Baca juga: Apa Itu Fellowship? Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Scholarship

Dalam konteks pendidikan, LoA umumnya diberikan kepada calon mahasiswa yang telah diterima di sebuah Perguruan Tinggi.

Surat tersebut biasanya ditulis dan diverifikasi oleh dekan maupun rektor dari Perguruan Tinggi yang  bersangkutan.

Surat ini memberikan informasi tentang program studi yang diikuti, tanggal mulai, persyaratan pendaftaran, dan instruksi penting lainnya.

Sementara dalam dunia kerja, LoA bisa diberikan kepada calon karyawan yang telah berhasil melalui proses seleksi dan diangkat sebagai anggota tim atau karyawan baru.

Surat ini dapat berisi rincian tentang posisi, gaji, jadwal kerja, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan.

Baca juga: Prodi: Pengertian, Fungsi, Cara Memilih, Contoh, dan Jenjang Karier

Jenis-Jenis LoA

Pengertian Letter of Acceptance (LoA) juga dibagi atas dua jenis, yaitu LoA Conditional dan LoA Unconditional. Simak penjelasannya berikut ini:

1. LoA conditional

LoA conditional adalah surat penerimaan dari Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa calon mahasiswa dapat diterima, tapi jika telah memenuhi beberapa syarat tertentu.

Adapun beberapa syarat yang biasanya diajukan oleh Universitas atau Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut:

  • Kelengkapan dokumen, seperti transkrip nilai, dan lain sebagainya.
  • Syarat nilai minimal
  • Lolos dalam program matrikulasi dengan nilai tertentu.
  • Persyaratan bahasa asing, seperti nilai TOEFL atau IELTS sesuai dengan standar yang berlaku di universitas.

Jika bisa memenuhi beberapa syarat tersebut, maka seseorang akan dinyatakan lolos untuk masuk Perguruan Tinggi tersebut.

2. LoA Unconditional

Letter of Acceptance (LoA) Unconditional adalah surat resmi yang menyatakan bahwa seseorang diterima di Perguruan Tinggi tanpa syarat.

Sehingga, penerima hanya perlu melakukan registrasi ulang saja untuk dapat masuk sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi tersebut.

Pada surat tersebut, tercantum beberapa informasi, antara lain:

  • Program studi
  • Masa studi
  • Jadwal awal perkuliahan (intake)
  • Informasi registrasi ulang
  • Informasi pembayaran
  • Informasi untuk memulai perkuliahan

Ketika mendapatkan surat Letter of Acceptance (LoA) Unconditional, maka artinya seseorang sudah diterima dan hanya perlu melakukan langkah selanjutnya sampai perkuliahan dimulai.

Baca juga: 10 Rekomendasi Fakultas Ilmu Budaya dari Beberapa Universitas Ternama di Indonesia

Letter of Acceptance
Letter of Acceptance (LoA) – Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA)

Jika kamu ingin mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi impian, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan harus dipenuhi terlebih dahulu.

1. Riset Tentang Universitas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah riset tentang universitas yang ingin dituju. Cari tahu bagaimana universitas tersebut mengeluarkan Letter of Acceptance (LoA). Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan semuanya dengan baik.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Hampir semua universitas memberikan syarat nilai minimum TOEFL kepada calon mahasiswa. Maka dari itu, kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar mendapat nilai TOEFL tinggi.

Untuk mengetahui tips mengerjakan TOEFL, kamu bisa baca di artikel ini: 5 Tips Mengerjakan TOEFL Agar Hasilnya Maksimal

3. Melengkapi Dokumen dan Berkas yang Dibutuhkan

Selanjutnya, kamu harus sudah menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang ketinggalan karena ketika persyaratan tidak lengkap, maka kamu akan gagal proses administrasi.

Baca juga: Pengertian BEM, Fungsi dan Tugas, Serta Manfaatnya Untuk Mahasiswa

4. Mengikuti Seleksi Sesuai Jadwal

Tidak semua universitas sama, tapi biasanya seleksi dilakukan dengan cara tes tulis dan wawancara. Kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kedua seleksi tersebut.

Pada sesi tes tulis, kerjakan sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan. Sementara pada tes wawancara, tampilkan yang terbaik, jangan sampai grogi apalagi sampai terbata-bata.

Nah, itulah pengertian Letter of Acceptance (LoA), jenis, dan cara mendapatkannya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa baca artikel lainnya di Sastrawacana.id.

Author: Maulana Affandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker