Pendidikan

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Secara harfiah, akuntansi berasal dari bahasa Inggris, yaitu accounting yang artinya menghitung.

Sementara menurut KBBI, arti akuntansi adalah sebagai berikut:

  • teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.
  • hal yang berhubungan dengan akuntan.
  • seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Jadi secara umum, akuntansi adalah suatu sistem yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menyajikan informasi keuangan suatu perusahaan atau organisasi.

Tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang valid berdasarkan data, dapat dipercaya, dan berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Dalam praktiknya, akuntansi melibatkan proses mencatat transaksi keuangan, menyusun laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Baca juga: 10 Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli.

1. Paul Gradi (2017)

Akuntansi yaitu sebagai fungsi organisasi secara sistematis, dapat dipercaya dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterprestasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan sebagai pertanggungjawaban atas kinerjanya.

2. Sumarsan (2017:1)

Akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mencatat transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga dapat menghasilkan informasi keuangan atau suatu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Baca juga: 7 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

3. Menurut Bahri (2016:2)

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan atas suatu transaksi dengan cara sedemikian rupa, sistematis dari segi isi, dan berdasarkan standar yang diakui umum.

4. Warren, dkk (2009 : 9)

Secara umum, akuntansi ( Accounting) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

5. Thomas Sumarsan (2011 : 2)

Definisi akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga dapat menghasilkan informasi, yaitu laporan keuangan yang dapat digunakan olehpihak-pihak yang berkepentingan.

Baca juga: 10 Pengertian Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli

6. Rudianto (2009:14)

Akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisis, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas, dan melaporkan aktivitas/transaksi perusahaan dalam bentuk informasi keuangan.

7. Rizal Effendi. (2013:1)

Akuntansi merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran serta pelaporan informasi keuangan dalam ukuran moneter (uang) dalam suatu perusahaan atau organisasi yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pengambilan keputusan.

8. American Accounting Association dalam Soemarso (2018:5)

Mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Baca juga: 10 Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

9. Setyowati dkk (2015:1)

Akuntansi adalah suatu proses pelacakan, pencatatan, dengan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa, salah satunya adalah transaksi yang berhubungan dengan aset.

10. Hery (2015:6)

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem informasi yang memberikan laporan kepada para pengguna informasi akuntansi atau kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan (stakeholders) terhadap hasil kinerja dan kondisi keuangan perusahaan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)