Lifestyle

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Pasta Gigi, Mitos atau Fakta?

Selangkangan yang gelap atau berpigmen bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang.

Meski lokasinya tidak terbuka, tapi beberapa orang merasa minder jika selangkangannya gelap. Sehingga, tak sedikit yang mencari cara memutihkan selangkangan dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang sering dibicarakan adalah menggunakan pasta gigi untuk memutihkan selangkangan. Tetapi, apakah benar-benar efektif, ataukah ini hanya mitos belaka?

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Wajah Susah Putih Padahal Sudah Pakai Skincare

Apakah Pasta Gigi Efektif untuk Memutihkan Selangkangan?

Mitos: Beberapa orang mengklaim bahwa menggosok pasta gigi pada selangkangan yang gelap dapat membantu memutihkannya.

Fakta: Sayangnya, sampai saat ini belum ada riset ilmiah yang membenarkan cara ini. Pasta gigi sebenarnya tidak dirancang untuk digunakan pada kulit tubuh, terutama pada area sensitif seperti selangkangan.

Mengapa Pasta Gigi Tidak Efektif?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pasta gigi tidak efektif untuk memutihkan selangkangan.

1. Bahan-Bahan pada Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung bahan-bahan yang dirancang untuk membersihkan gigi, bukan kulit. Sehingga menerapkannya pada kulit selangkangan kurang tepat dan bisa memicu iritasi bagi kulit sensitif.

2. Tidak Ada Bukti Ilmiah

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa pasta gigi dapat memutihkan kulit. Banyak faktor yang memengaruhi warna kulit, sehingga menggosok pasta gigi tidak akan mengubah faktor-faktor tersebut.

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Aman

Ada beberapa langkah yang dapat kita pertimbangkan untuk memutihkan selangkangan, antara lain:

1. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Pertama-tama, berkonsultasilah dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit. Mereka dapat memberikan rekomendasi yang aman sesuai dengan jenis kulit kita.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit

Pilih produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk memutihkan area gelap pada kulit. Produk seperti ini umumnya mengandung bahan yang aman dan efektif.

3. Hindari Gesekan Berlebihan

Hindari menggosok atau menggaruk area selangkangan secara berlebihan karena ini dapat merusak kulit dan memicu terjadinya lecet.

4. Perhatikan Pola Makan dan Hidrasi

Pola makan sehat dan cukup hidrasi juga dapat berkontribusi pada kesehatan kulit kita.

Kesimpulan

Menggunakan pasta gigi untuk memutihkan selangkangan adalah mitos yang tidak memiliki dasar ilmiah. Untuk mencapai hasil yang aman dan efektif, konsultasilah dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit dan gunakan produk perawatan kulit yang tepat.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker