Lifestyle

16 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

Hari peringatan adalah hari yang didedikasikan untuk memperingati atau mengenang suatu peristiwa penting dalam sejarah, budaya, atau agama.

Peristiwa ini bisa berupa peristiwa sejarah, peristiwa agama, peristiwa penting tokoh, peristiwa budaya, dan sebagainya.

Tujuan dari hari peringatan adalah untuk mengingat dan menghormati peristiwa penting tersebut serta belajar dari sejarah dan masa lalu.

Baca juga: 15 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

Lantas, 16 Maret memperingati hari apa?

1. Hari Bhakti Rimbawan

Hari Bhakti Rimbawan diperingati setiap tanggal 16 Maret untuk menghargai dan menghormati dedikasi para rimbawan dalam menjaga kelestarian hutan Indonesia.

Selain itu, hari peringatan ini juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan dan peran rimbawan.

Hari Bhakti Rimbawan pertama kali dirayakan pada tahun 1983.

Tanggal 16 Maret dipilih untuk memperingati pembentukan Departemen Kehutanan (sekarang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) pada tahun 1983.

Berbagai kegiatan diadakan untuk memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan, seperti upacara bendera, seminar tentang kehutanan, penanaman pohon, serta bakti sosial.

Baca juga: 14 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

2. Hari Panda Nasional (National Panda Day)

National Panda Day (Hari Panda Nasional) diperingati setiap tanggal 16 Maret untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi panda.

Pasalnya, populasi panda liar diperkirakan kurang dari 2.000 ekor sehingga habitat panda terancam oleh aktivitas manusia seperti penggundulan hutan dan perubahan iklim.

Panda memiliki tingkat reproduksi yang rendah, sehingga populasi mereka sulit pulih dengan cepat.

National Panda Day (Hari Panda Nasional) bukanlah hari libur nasional resmi di Indonesia.

Perayaan ini lebih merupakan kampanye internasional yang diikuti oleh beberapa kebun binatang dan organisasi konservasi di Indonesia.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker