Lifestyle

5 Alasan Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia

Greenwich adalah sebuah borough (kotamadya) di London tenggara, Inggris, yang terkenal dengan sejarahnya yang kaya dan beragam.

Terletak di tepi selatan Sungai Thames, kawasan ini dulunya merupakan pusat maritim yang penting dan bahkan menjadi lokasi Istana Placentia, bekas istana kerajaan.

Namun, Greenwich paling terkenal sebagai tempat lahirnya waktu dunia. Garis bujur nol derajat, yang membagi Bumi menjadi Belahan Bumi Timur dan Barat, melintasi Royal Observatory di Greenwich.

Baca juga: Kisah Jim Arrington yang Jadi Binaragawan Tertua di Dunia, Ternyata Dulunya Sakit-Sakitan

Observatorium ini, dengan teleskop dan peralatan astronomi canggihnya, telah memainkan peran penting dalam menentukan waktu yang akurat dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

Ada beberapa alasan mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia:

1. Lokasi Strategis

Greenwich terletak di garis bujur nol derajat, yang membagi bumi menjadi dua bagian: Timur dan Barat. Garis bujur ini dipilih karena merupakan garis lurus yang menghubungkan Kutub Utara dan Selatan.

2. Kesepakatan Internasional

Pada tahun 1884, diadakan Konferensi Meridian Internasional di Washington, D.C. yang dihadiri oleh 25 negara.

Dalam konferensi tersebut, disepakati bahwa Royal Observatory di Greenwich, Inggris, akan menjadi acuan waktu dunia.

Baca juga: Pengertian Vertical Display dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha

3. Kemajuan Teknologi

Royal Observatory di Greenwich memiliki teleskop dan peralatan astronomi yang canggih untuk menentukan waktu dengan akurat.

Observatorium ini juga memiliki hubungan telegraf dengan observatorium lain di seluruh dunia, sehingga waktu di Greenwich dapat disebarkan secara global.

4. Pengaruh Britania Raya

Pada abad ke-19, Britania Raya merupakan negara maritim yang kuat dengan koloni di seluruh dunia.

Penggunaan waktu Greenwich sebagai acuan waktu dunia memudahkan navigasi dan komunikasi maritim.

Baca juga: 8 Fobia Paling Aneh di Dunia, Bisa Jadi Kamu Mengalaminya

5. Standarisasi Global

Penggunaan waktu Greenwich sebagai acuan waktu dunia membantu standarisasi waktu di seluruh dunia, yang penting untuk berbagai kegiatan seperti perdagangan, transportasi, dan komunikasi internasional.

Meskipun ada beberapa negara yang tidak menggunakan waktu Greenwich sebagai acuan waktu nasional mereka, namun waktu Greenwich tetap menjadi standar waktu internasional yang paling banyak digunakan di dunia.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker