Lifestyle

Apa Itu HPHT? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) adalah istilah yang digunakan dalam kesehatan reproduksi dan kehamilan, merujuk pada hari pertama dari siklus menstruasi terakhir yang dialami oleh seorang wanita.

Informasi ini sering kali digunakan untuk menghitung perkiraan waktu ovulasi dan menentukan perkiraan tanggal kelahiran jika kehamilan terjadi.

Pemahaman HPHT penting dalam mengelola kesehatan reproduksi dan merencanakan kehamilan.

Baca juga: 6 Makanan Penambah HB Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Dikutip dari Siloam Hospitals, minggu pertama kehamilan dapat dihitung dengan menambahkan 7 hari dari tanggal hari pertama menstruasi terakhir.

Sebagai contoh, jika menstruasi terakhir dimulai pada tanggal 19 September 2023, maka minggu pertama kehamilan dihitung dimulai pada tanggal 26 September 2023.

Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

Rumus Naegele = (Tahun HPHT + 1), (hari HPHT + 7), dan (bulan HPHT – 3)

Sebagai contoh, bila Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) ibu jatuh pada tanggal 19 September 2023, maka perhitungan Estimasi Waktu Persalinan (HPL) dengan menggunakan rumus Naegele dapat diilustrasikan sebagai berikut:

  • 19 September 2023 + 1 tahun = 19 September 2024.
  • 19 September 2024 + 7 hari = 26 September 2024.
  • 26 September 2024 – 3 bulan = 26 Juli 2024.

Dengan menggunakan rumus tersebut, perkiraan Estimasi Waktu Persalinan (HPL) untuk bayi adalah pada tanggal 26 Juli 2024.

Namun, jika ingin mengetahui usia kehamilan yang lebih akurat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Baca juga: Ciri-Ciri ASI Basi yang Tak Layak Konsumsi, Bunda Harus Tahu!

Melalui kunjungan tersebut, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan USG transvaginal untuk menentukan usia kehamilan secara tepat dan akurat, terutama jika dilakukan pada awal kehamilan.

Hal ini karena pada minggu pertama kehamilan, janin cenderung mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan kecepatan yang sama.

Demikian artikel mengenai apa itu Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber: Siloam Hospitals

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker