Akademis

Pernyataan yang tidak termasuk fungsi iman kepada qada dan qadar adalah?

Pernyataan yang tidak termasuk fungsi iman kepada qada dan qadar adalah?

A. mendorong untuk berusaha
B. meningkatkan ketakwaan
C. menumbuhkan kesadaran
D. malas berusaha​

Jawaban:

D. malas berusaha​

Baca juga: Sebagai Seorang Muslim Jelaskan Indikator yang Bisa Dijadikan Acuan Untuk Menilai Bagaimana Hukum Childfree Menurut Islam?

Pembahasan:

Iman kepada qada dan qadar adalah kepercayaan umat Islam bahwa segala sesuatu yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Namun, konsep ini tidak membuat kita menjadi malas berusaha. Berikut alasannya:

  • Mendorong untuk berusaha: Meskipun Allah SWT sudah menentukan segalanya, manusia tetap diwajibkan untuk berusaha. Ibaratnya, berusaha adalah bentuk ikhtiar kita, sedangkan hasil akhir adalah milik Allah SWT. Dengan berusaha, kita telah menjalankan peran kita sebaik mungkin sesuai dengan kehendak Allah SWT.
  • Meningkatkan ketakwaan: Menerima kenyataan bahwa segala sesuatu sudah digariskan oleh Allah SWT membuat kita semakin sadar akan kebesaran dan kekuasaan-Nya. Hal ini mendorong kita untuk semakin patuh dan menjalankan perintah Allah SWT, serta menjauhi larangan-Nya.
  • Menumbuhkan kesadaran: Mengetahui bahwa qada dan qadar ada di tangan Allah SWT membuat kita lebih peka terhadap hal-hal di sekitar kita. Kita menjadi lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan dan lebih sabar dalam menghadapi cobaan.

Jadi, iman kepada qada dan qadar seharusnya membuat kita semakin giat berusaha, bukan malah malas. Kita harus berusaha semaksimal mungkin dan bertawakal kepada Allah SWT atas hasilnya.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker