Akademis

Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari?

Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari?

a. daerah miring dengan semak-semak
b. daerah datar dengan rerumputan
c. daerah datar yang tandus
d. daerah miring yang tandus

Jawaban:

d. daerah miring yang tandus

Baca juga: Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah?

Pembahasan:

Kemiringan tanah memiliki pengaruh besar terhadap erosi.

Semakin miring tanah, semakin besar gaya gravitasi yang menarik air ke bawah. Hal ini mempercepat aliran air dan meningkatkan potensi erosi.

Tutupan vegetasi juga berperan penting dalam mencegah erosi.

Semak-semak dan rerumputan memiliki akar yang membantu mengikat tanah dan mencegahnya terkikis oleh air yang mengalir.

Di daerah tandus tanpa tutupan vegetasi yang memadai, tanah lebih mudah terkikis.

Kondisi tanah juga memengaruhi tingkat erosi. Tanah yang kering dan retak lebih rentan terhadap erosi dibandingkan tanah yang basah dan bertekstur halus.

Tanah kering memiliki daya ikat air yang lebih rendah, sehingga air lebih mudah mengalir di permukaan tanah dan mengikis partikel tanah.

Baca juga: Ion-Ion dalam Tanah yang Dibutuhkan oleh Tumbuhan Antara Lain?

Oleh karena itu, kombinasi kemiringan tanah yang tinggi dan tutupan vegetasi yang minim di daerah tandus membuat tanah di sana paling rentan terhadap erosi akibat hujan dan air mengalir.

Berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi erosi tanah:

  • Intensitas hujan: Hujan lebat dalam waktu singkat dapat menyebabkan erosi yang lebih parah daripada hujan gerimis yang berlangsung lama.
  • Jenis tanah: Jenis tanah tertentu, seperti tanah berpasir, lebih rentan terhadap erosi dibandingkan jenis tanah lain, seperti tanah liat.
  • Aktivitas manusia: Aktivitas manusia seperti penggundulan hutan dan pengolahan tanah yang tidak tepat dapat mempercepat erosi.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)