Pendidikan

8 Fakultas di ITB dengan Prospek Karier yang Gemilang

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi teknik terkenal di Indonesia.

Dibentuk pada tahun 1920 sebagai Technische Hoogeschool te Bandoeng (THB), perguruan tinggi ini kini telah memiliki status universitas.

Salah satu keunggulan ITB adalah memiliki fakultas-fakultas unggulan dalam bidang teknik, sains, dan seni yang terus berkembang hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa fakultas di ITB yang menonjol dan memberikan kontribusi terhadap kesuksesan ITB dalam menghasilkan alumni/alumni yang sukses:

1. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik ITB dikenal sebagai fakultas terbesar di ITB dengan 11 jurusan, dan salah satu fakultas terbaik di Indonesia.

Fakultas Teknik ini menghasilkan banyak alumni/alumni yang sukses, seperti Direktur Utama PT. Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, peneliti luar angkasa Friedrich Wilhelm Herschel, dan salah satu pendiri Google, Sergey Brin.

Beberapa jurusan yang ada di fakultas ini antara lain Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Industri.

Jurusan Teknik Sipil ITB menempati peringkat pertama dalam Rangking Universitas Indonesia (UI) 2020, sedangkan Teknik Mesin dan Teknik Industri ITB menempati peringkat ke-4 dan ke-5.

2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB merupakan fakultas terbesar kedua di ITB dengan 8 jurusan.

Beberapa jurusan yang tersedia meliputi Matematika, Fisika, dan Kimia. FMIPA ITB memiliki beberapa pusat penelitian yang sangat terkenal, seperti Pusat Penelitian Fisika (P2F) dan Pusat Penelitian Kimia (PPK).

Alumni/alumni FMIPA ITB yang sukses diantaranya adalah Dr. Goenawan Mohamad, seorang penyair, sastrawan, jurnalis, dan budayawan, dan Eko Widodo, CEO dan Co-Founder PT Ralali.com.

3. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB menjadi fakultas seni dan desain pertama di Indonesia yang menjadi anggota International Council of Graphic Design Associations (Icograda).

Fakultas ini menawarkan banyak program studi yang mencakup bidang seni rupa, desain grafis, dan arsitektur.

Banyak dari alumni/alumni FSRD ITB yang telah mencapai kesuksesan di bidang seni dan desain, seperti Rinaldy Yunardi, perancang aksesoris, dan Boma Indrajaya, Co-Founder MauBelajarApa.com.

4. Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan

Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP) ITB merupakan fakultas yang telah berdiri sejak tahun 1961.

Fakultas ini menawarkan program studi yang mencakup bidang arsitektur, desain interior, dan perencanaan wilayah dan kota.

Alumni/alumni dari FADP ITB yang telah mencapai kesuksesan seperti Andra Matin, seorang arkitek, dan Ahmad Djuhara, pakar arsitektur.

5. Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menawarkan program studi dalam bidang rekayasa kimia, industri, dan lingkungan.

Fakultas ini telah melahirkan alumni/alumni yang berprestasi, seperti CEO PT. Sinar Mas Cepsa, Alvin Kurniawan, dan penulis dan pengajar Indonesia bernama Hipolitus Ginting.

6. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB menawarkan program studi terbaik di bidang teknik sipil dan lingkungan di Indonesia.

Fakultas ini telah melahirkan banyak alumni/alumni yang sukses, seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan, mantan Gubernur Jawa Barat.

7. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB merupakan fakultas yang khusus membahas tentang mineral, batuan, lingkungan, geofisika, serta lingkungan dan bencana geologi.

Fakultas ini menghasilkan banyak alumni/alumni yang berhasil seperti mantan menteri energi dan sumber daya mineral, Purnomo Yusgiantoro.

8. Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi ITB merupakan fakultas ketiga di Indonesia yang terakreditasi internasional oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Fakultas ini telah menelurkan banyak alumni/alumni yang mencapai kesuksesan, seperti Tri Mumpuni, pendiri dan CEO dari KSU Sabang Merauke.

Kesimpulannya, ITB memiliki beberapa fakultas yang menonjol di Indonesia. Banyak dari alumni/alumni ITB yang telah mencapai kesuksesan di industri atau sektor pemerintahan.

Melalui pendidikan dan budaya didik yang unggul, ITB terus menjadi sumber daya manusia bidang teknologi, sains, dan seni terbaik di Indonesia hingga saat ini.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)