Akademis

Untuk mengukur tingkat pemahaman anda tentang hakikat kebudayaan, coba anda jelaskan bagaimana pemahaman soal budaya tinggi tidak bisa dianggap lebih baik dibanding budaya populer

Untuk mengukur tingkat pemahaman anda tentang hakikat kebudayaan, coba anda jelaskan bagaimana pemahaman soal budaya tinggi tidak bisa dianggap lebih baik dibanding budaya populer, berikan contohnya.

Jawaban:

Perdebatan tentang budaya tinggi dan budaya populer telah berlangsung lama, dengan asumsi bahwa budaya tinggi lebih bernilai dan berkelas dibandingkan budaya populer. Namun, anggapan ini perlu dipertanyakan kembali.

Budaya tinggi sering dianggap sebagai karya seni, sastra, musik, atau pemikiran filosofis yang kompleks dan mendalam.

Baca juga: Bagaimana kedudukan tiap warga negara dalam bidang-bidang kehidupan berbangsa dan bernegara?

Di sisi lain, budaya populer mencakup ekspresi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum, seperti musik pop, film, atau tren mode.

Namun, membandingkan kualitas atau nilai budaya tinggi dengan budaya populer tidak selalu relevan atau adil. Keduanya memiliki peran yang penting dalam membentuk identitas dan pengalaman manusia.

Budaya tinggi sering dianggap sebagai bentuk kecerdasan atau kreativitas yang tinggi, sementara budaya populer cenderung mencerminkan aspirasi, kebutuhan, dan minat masyarakat luas.

Sebagai contoh, “Romeo and Juliet” sering dianggap sebagai karya budaya tinggi karena kompleksitas plotnya, karakter yang dalam, dan pesan filosofis yang terkandung di dalamnya.

Di sisi lain, lagu-lagu pop seperti “Hey Jude” oleh The Beatles mungkin dianggap sebagai representasi budaya populer karena daya tariknya yang luas dan kemampuannya untuk menghadirkan emosi yang langsung terasa.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya?

Namun, kedua bentuk budaya ini memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat. Kedua jenis budaya dapat menginspirasi, menghibur, atau mempengaruhi pandangan dunia seseorang.

Oleh karena itu, menganggap satu jenis budaya lebih baik dari yang lain seringkali merupakan pemahaman yang sempit.

Yang lebih penting adalah mengakui keberagaman dan kompleksitas budaya secara keseluruhan, serta menghargai peran yang dimainkan oleh berbagai bentuk ekspresi budaya dalam kehidupan manusia.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)