Akademis

Kelompok hewan berikut yang berkembang biak dengan partenogenesis adalah?

Kelompok hewan berikut yang berkembang biak dengan partenogenesis adalah?

a. lebah dan kutu daun
b. planaria dan kutu daun
c. hydra dan spons
d. spons dan planaria

Jawaban:

a. lebah dan kutu daun

Pembahasan:

Partenogenesis adalah suatu proses reproduksi aseksual di mana ovum (telur) berkembang menjadi individu baru tanpa adanya pembuahan oleh sperma.

Baca juga: Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali?

Dalam proses ini, telur yang belum dibuahi dapat mengalami pembelahan mitosis untuk membentuk individu baru.

Partenogenesis umumnya terjadi pada beberapa spesies hewan, meskipun jarang pada mamalia. Proses ini sering terjadi pada serangga, reptil, beberapa ikan, dan organisme lainnya.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan partenogenesis:

  • Lebah: Lebah betina dapat menghasilkan keturunan jantan tanpa pembuahan. Sel telur yang tidak dibuahi akan berkembang menjadi lebah jantan, sedangkan sel telur yang dibuahi akan berkembang menjadi lebah betina.
  • Kutu daun: Kutu daun betina dapat menghasilkan keturunan betina tanpa pembuahan. Sel telur yang tidak dibuahi akan berkembang menjadi kutu daun betina.
  • Kadal komodo: Kadal komodo betina dapat menghasilkan keturunan jantan dan betina tanpa pembuahan. Sel telur yang tidak dibuahi akan berkembang menjadi kadal komodo jantan, sedangkan sel telur yang dibuahi akan berkembang menjadi kadal komodo betina.

Pada tumbuhan, partenogenesis biasanya menghasilkan individu yang genetis identik dengan induknya.

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan partenogenesis:

  • Anggrek: Beberapa spesies anggrek dapat menghasilkan biji tanpa pembuahan. Biji ini akan berkembang menjadi tanaman anggrek yang identik dengan induknya.
  • Semanggi: Semanggi dapat menghasilkan biji tanpa pembuahan. Biji ini akan berkembang menjadi tanaman semanggi yang identik dengan induknya.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)