Akademis

Apa Itu Enkulturasi? Ini Pengertian Menurut Ahli dan Contohnya

Pengertian Enkulturasi

Enkulturasi adalah proses sosialisasi dalam mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikap individu dengan sistem norma, adat, dan peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaannya.

Proses enkulturasi terjadi sepanjang hidup individu dan melibatkan pembelajaran nilai-nilai, norma, bahasa, kepercayaan, dan praktik-praktik yang dianut oleh masyarakat tersebut.

Sebagai suatu konsep kebudayaan, enkulturasi mengacu pada proses transmisi kultur dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kultur tersebut ditransmisikan melalui proses belajar, bukan melalui gen.

Baca juga: Pengertian Budaya dan Sifat Kebudayaan Menurut Para Ahli

Enkulturasi adalah suatu proses sosial, dimana manusia sebagai makhluk yang bernalar, punya daya refleksi, belajar memahami dan mengadaptasi pola pikir, pengetahuan, dan kebudayaan sekelompok manusia lain.

Sederhananya, enkulturasi adalah pewarisan budaya, dimana terjadinya proses sosial yang harus dialami oleh setiap individu dalam masyarakat, baik secara sadar ataupun tidak.

Jadi, enkulturasi bisa dikatakan sebagai proses pembudayaan, baik melalui media formal seperti sekolah maupun informal seperti di lingkungan sosial secara tidak sengaja dan berjalan wajar.

Baca juga: 6 Situs Budaya yang Hancur Akibat Perang

Kemudian, enkulturasi juga dapat disimpulkan sebagai proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mengenal hasil kebudayaan dengan cara terus-menerus.

Pengertian Enkulturasi Menurut Para Ahli

1. Havilland (1988)

Pengertian enkulturasi adalah praktik pendidikan dilakukan seseorang yang biasanya bersumber dalam adat kebiasaan pokok masyarakat yang berhubungan dengan pangan, tempat berteduh dan perlindungan, dan bahwa praktik pendidikan anak pada gilirannya menghasilkan kepribadian tertentu pada masa dewasa.

2. Adamson Hoebel

Definisi enkulturasi adalah suatu keadaan yang terjadi pada seseorang untuk mengakuturasikan budayanya sekaligus menginternalisasi hasil kebudayanya dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Unsur Kebudayaan Indonesia Menurut Coedes dan Dr Brandes

3. Koentjaraningrat: 1997

Dalam proses “pembudayaan” seorang individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya dengan adat-adat, sistem norma dan peraturan-peratutan yang hidup dalam kebudayaanya yang disebut enkulturasi.

4. Adamson Hoebel

Enkulturasi iyalah situasi dimana individu dengan sadar maupun tanpa sadar dapat mengakulturasikan budaya dan memasukkan nilai budaya tersebut dalam kehidupan masyarakat.

5. Peter Poole (2002)

Enkulturasi mengacu pada proses belajar suatu budaya yang terdiri dari pengetahuan yang didistribusikan secara sosial dan dibagikan yang diwujudkan dalam persepsi, pemahaman, perasaan, niat, dan orientasi yang menginformasikan dan membentuk imajinasi dan pragmatik kehidupan sosial.

Baca juga: Pengertian Ilmu Budaya Dasar Menurut Para Ahli

6. M.J. Herskovits

Definisi enkulturasi ialah sebuah proses dimana seseorang dengan sadar ataupun tak sadar, mengekplorasi semua kultur masyarakat.

Contoh Enkulturasi

Contoh Enkulturasi dalam Kepercayaan

Seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang menganut agama tertentu akan mengalami proses enkulturasi, dimana mereka akan belajar dan mempraktikkan nilai-nilai yang diwariskan oleh agama tersebut.

Contoh Enkulturasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Anak kecil diajarkan tidur siang oleh orang tuanya, maka ia sedang mengalami proses enkulturasi. Dimana, kebiasaan tersebut akan dibawa sampai dewasa dan diajarkan pula kepada anaknya kelak.

Contoh Enkulturasi dalam Budaya

Ketika seseorang hidup dalam wilayah dengan budaya yang menganggap teknologi tidak bermanfaat, ia akan meneruskan budaya tersebut kepada generasi selanjutnya sehingga di wilayah tersebut tidak menerima perkembangan teknologi.

Contoh Enkulturasi dalam Pendidikan

Seseorang sejak kecil sudah dikenalkan dan ditanamkan tentang nilai-nilai luhur Pancasila. Pengenalan tersebut akan dibawa terus sampai ia dewasa dan meneruskan ideologi Pancasila kepada generasi selanjutnya.

Itulah pengertian dan contoh enkulturasi. Enkulturasi dapat memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak dalam masyarakat.

Oleh karena itu, proses enkulturasi menjadi penting dalam membentuk identitas sosial individu dan mempertahankan nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker