Akademis

10 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi, gagasan, dan pesan antara individu atau kelompok dalam konteks dunia bisnis.

Komunikasi bisnis dapat berlangsung dalam berbagai bentuk, termasuk komunikasi lisan maupun tertulis.

Komunikasi lisan dapat terjadi melalui rapat, presentasi, atau percakapan tatap muka. Sementara komunikasi tertulis mencakup surat, email, laporan, dan dokumen resmi lainnya.

Tujuan komunikasi bisnis adalah untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif agar dapat dipahami oleh penerima.

Hal ini juga melibatkan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis untuk meningkatkan kerjasama dan kepercayaan.

Baca juga: 10 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli.

1. Katz (1994:4)

Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

2. William Albig

Pengertian komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide atau opini, intruksi, dan sebagainya, yang disampaikan secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.

3. Rosenbalt (1982:7)

Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan- tujuan perusahaan.

4. Djoko Purwanto, M.B.A

Definisi komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapi tujuan tertentu.

Baca juga: 10 Pengertian Data Menurut Para Ahli

5. Persing (1981:108)

Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.

6. Purwanto (2004: 3)

Komunikasi bisnis merupakan salah satu aspek komunikasi yang terfokus kepada keefektifan penyampaian pesan. Suatu transaksi bisnis akan terjadi apabila didalamnya terjadi komunikasi yang efektif.

7. James J. Floyd, 2006)

Komunikasi yang diterapkan pada bidang bisnis atau perdagangan, baik produk berupa barang maupun jasa.

8. Curtis (1992:6)

Komunikasi bisnis menurut Curtis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Baca juga: 10 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

9. Philip Kolter

Menurut Philip Philip Kolter, pengertian komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.

10. Himstreet

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui sistem yang biasa (lazim), baik dengan symbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker