Akademis

10 Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Karya ilmiah adalah sebuah penelitian, tulisan, atau hasil pemikiran yang memiliki dasar metodologi dan analisis yang sistematik dengan tujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan.

Karya ilmiah seringkali dibuat untuk menjawab pertanyaan atau mengungkapkan penemuan baru dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Selain itu, karya yang sifatnya ilmiah harus mematuhi standar akademik, termasuk penggunaan referensi dan sumber yang relevan untuk mendukung argumen atau temuan yang diungkapkan dalam karya tersebut.

Bentuk karya ilmiah bisa berupa artikel, laporan penelitian, tesis, disertasi, dan sejenisnya.

Sementara menurut KBBI, karya tulis ilmiah adalah karya yang dibuat menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan berdasarkan fakta (observasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian karya ilmiah menurut para ahli.

1. Brotowidjoyo (dalam Arifin 2008)

Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

2. Suriasumantri (1995) dalam Finoza (2010)

Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan lewat bahasa tulisan yang baku dengan sistematis-metodis dan sintesis analitis.

3. Eko Susilo (1995)

karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.

4. Dwiloka dan Riana

Karya ilmiah atau artikel ilmiah merupakan karya seorang ilmuwan (pembangunan) yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, serta penelitian.

5. John (dalam Amir 2007)

Karangan ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat tertentu (profesional) yang bersifat ilmiah tinggi. Karya ilmiah seperti itu disebut juga karya tulis penelitian.

6. Sukohardjono (2007)

Karya tulis ilmiah adalah berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan tatacara ilmiah. Dengan kata lain karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis hasil kegiatan ilmiah.

7. Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

8. Jones

Definisi karya ilmiah merupakan karangan ilmiah yang ditujukan untuk masyarakat tertentu ataupun profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi.

9. Hery Firman

Karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan ataupun dipaparkan dari hasil pengkajian ataupun penelitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyarakat keilmuan.

10. Awidyamartaya (1997)

Karya ilmiah adalah suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)