Akademis

Peraturan dalam Permainan Bola Voli 2021-2024 Resmi dari FIVB

FIVB adalah singkatan dari “Fédération Internationale de Volleyball,” yaitu organisasi internasional yang mengatur dan mengawasi olahraga voli di tingkat global.

Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mempromosikan olahraga voli di seluruh dunia, mengatur kompetisi internasional, serta menetapkan aturan dan standar untuk permainan voli dan pantai (beach volleyball).

Berikut ini adalah peraturan dalam permainan bola voli tahun 2023 yang dikutip dari PBVSI.

Peraturan Bolavoli Resmi 2021-2024

TEKS PERATURAN

Teks ini ditujukan untuk masyarakat luas Bolavoli – pemain, pelatih, wasit, penonton, komentator, dan lain-lain – karena pemahaman tentang aturan memungkinkan permainan dan kepuasan pribadi yang lebih baik – pelatih dapat menciptakan struktur dan taktik tim yang lebih baik, memberikan kendali penuh kepada pemain untuk menunjukkan keterampilan mereka, dan pemahaman tentang hubungan antara peraturan dengan kejadian di lapangan agar para ofisial dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

Bolavoli bersifat rekreasi dan kompetitif. Olahraga rekreasi menyentuh jiwa manusia dan mempromosikan kehidupan sehat dan “menyenangkan”. Kompetisi memungkinkan orang untuk menunjukkan kemampuan terbaik, kreativitas, kebebasan berekspresi dan semangat juang. Peraturan dirancang dan disusun untuk memungkinkan semua aspek ini berkembang.

WASIT YANG MENJADI BAGIAN DARI PERMAINAN

Inti dari wasit yang baik terletak pada konsep keadilan dan konsistensi (diposisikan di tengah kedua lapangan permainan sebagai simbol keseimbangan). Bersama ini memungkinkan para pemain untuk mempercayai tindakan wasit. Namun, wasit harus lebih menjadi fasilitator daripada pengontrol, lebih sebagai dirijen daripada sebagai diktator, lebih sebagai promotor daripada penghukum.

Dengan memahami alasan mengapa peraturan ditulis dan lebih memahami tujuan dari pertunjukkan tersebut, wasit menjadi bagian besar dari keseluruhan produksi yang sukses, wasit menjadi bagian penting dari suksesnya kegiatan, dengan tetap dibalik layar dan hanya turut serta jika diperlukan. Kita dapat mengatakan bahwa wasit yang baik akan menggunakan peraturan untuk membuat kompetisi menjadi pengalaman yang memuaskan bagi semua pihak.

Bagi mereka yang telah membaca sejauh ini, dapat melihat peraturan yang akan selalu menjadi elemen penting dalam perkembangan permainan ini, tetapi ingatlah mengapa beberapa paragraf sebelumnya mungkin sama pentingnya bagi Anda dalam posisi Anda sendiri dalam olahraga.

BAB I. FASILITAS DAN PERALATAN

1. DAERAH PERMAINAN

Daerah permainan meliputi lapangan permainan dan daerah bebas, Daerah permainan tersebut harus berbentuk persegi panjang dan simetris

1.1 DIMENSI

Lapangan permainan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 x 9 m, dikelilingi oleh daerah bebas dengan minimal sisi 3 m di semua sisi. Ruang bebas permainan adalah ruang di atas daerah permainan yang bebas dari segala halangan. Ruang bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 7 m dari permukaan lapangan.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, daerah bebas harus berukuran 5 m dari garis samping dan 6,5 m dari garis akhir. Ruang bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 12,5 m dari permukaan lapangan.

1.2 PERMUKAAN LAPANGAN PERMAINAN

1.2.1 Permukaan harus datar, horizontal dan seragam. Tidak boleh sampai menimbulkan bahaya cedera bagi pemain. Tidak diperkenankan bermain di lapangan yang tidak rata atau licin.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, hanya lantai kayu atau sintetis yang diperbolehkan. Jenis lantai lainnya harus mendapat persetujuan dari FIVB terlebih dahulu.

1.2.2 Untuk lapangan indoor permukaan lapangan harus berwarna terang.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, untuk garis digunakan warna putih. Warna lain, berbeda dengan yang lainnya, digunakan untuk lapangan permainan dan daerah bebas. Lapangan permainan dapat berbeda warna yang membedakan daerah depan dan daerah belakang.

1.2.3 Untuk lapangan outdoor diperkenankan kemiringan 5 mm per meter untuk keperluan drainase. Tidak diperkenankan membuat garis lapangan dari bahan padat yang keras.

1.3 GARIS – GARIS LAPANGAN

1.3.1 Semua garis lebarnya 5 cm. Garis-garis tersebut harus berwarna terang dan berwarna lain dari lantai dan garis-garis lainnya.

1.3.2 Garis-garis batas

Lapangan permainan ditandai dengan dua garis samping dan dua garis akhir. Kedua garis samping dan garis akhir tersebut termasuk dalam lapangan permainan.

1.3.3 Garis tengah

Poros dari garis tengah membagi lapangan permainan menjadi dua bagian lapangan yang sama dengan ukuran masing-masing 9 x 9 m. Tetapi keseluruhan lebar garis tengah merupakan hak milik dari kedua lapangan. Garis ini merupakan kepanjangan dari net, menghubungkan garis samping ke garis samping lainnya.

1.3.4 Garis serang

Di setiap lapangan, terdapat garis serang, yang berjarak 3 m di belakang dari poros garis tengah, yang menandai sebagai daerah depan.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, garis serang ditambah dengan garis putus putus dari garis samping dengan total panjang 1,75 m yang terdiri dari 5 garis-garis pendek 15 cm dengan lebar garis 5 cm dan dibuat dengan jarak 20 cm setiap garis.

1.4 DAERAH DAN AREA

1.4.1 Daerah depan (serang)

Dalam setiap lapangan daerah depan (serang) dibatasi poros garis tengah dan ke belakang sampai garis serang.

Daerah depan (serang) memiliki perpanjangan yang melewati garis samping sampai dengan akhir dari daerah bebas.

1.4.2 Daerah servis

Daerah servis adalah daerah selebar 9 m di belakang setiap garis akhir.

Daerah ini dibatasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir sebagai kepanjangan dari garis samping. Kedua garis pendek tersebut sudah termasuk di dalam batas daerah servis.

Pada perpanjangan daerah servis adalah ke belakang sampai batas akhir daerah bebas.

1.4.3 Daerah pergantian

Daerah pergantian dibatasi oleh perpanjangan dari kedua garis serang hingga ke meja Skorer.

1.4.4 Daerah pergantian Libero

Daerah pergantian Libero adalah bagian dari daerah bebas di depan bangku cadangan, yang dibatasi oleh perpanjangan garis serang sampai garis akhir.

1.4.5 Area pemanasan

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, area pemanasan berukuran sekitar 3 x 3 m, tempatnya adalah di kedua sudut bangku cadangan, di luar daerah bebas asalkan tidak menghalangi pandangan penonton, atau sebagai allternatif berada di belakang bangku cadangan, asalkan ketinggian tribun di atas 2,5 m dari permukaan lapangan.

1.5 SUHU UDARA (TEMPERATUR)

Minimum suhu tidak boleh di bawah10°C (50°F)

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, suhu maksimal ditentukan oleh technical delegate dari pertandingan tersebut.

1.6 LAMPU

Lampu tidak boleh kurang dari 300 lux

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, Lampu di area bermain tidak boleh kurang dari 2000 lux diukur pada 1 m di atas permukaan area permainan.

2. NET DAN TIANG-TIANG

2.1 TINGGI NET

2.1.1 Dipasang tegak lurus di atas garis tengah dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri.

2.1.2 Ketinggian net diukur dari tengah lapangan permainan. Tinggi net (di atas kedua garis samping) harus sama tinggi dan tidak boleh lebih tinggi 2 cm dari ketinggian yang ditentukan.

2.2 STRUKTUR NET

Net memiliki lebar 1 m (+/‐ 3 cm) dengan panjang 9.50 sampai 10 meter (dengan 25 sampai 50 cm pada tiap sisi pita samping) yang terbuat dari jalinan mata jala hitam 10 cm berbentuk persegi.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, berhubungan dengan peraturan pertandingan yang spesifik, Jala hitam net dapat dimodifikasi untuk memfasilitasi periklanan sesuai dengan perjanjian marketing.

Di bagian atasnya ada pita mendatar, lebar 7 cm, terbuat dari kanvas putih lipat dua, dijahit di seluruh kepanjangan net. Setiap ujung pita terdapat lubang, yang dilewati oleh tali, mengikat pita ke tiang untuk menjaga bagian atasnya tetap kencang.

Di dalam pita, kabel fleksibel mengikat jaring ke tiang dan menjaga bagian atasnya kencang.

Di bagian bawah jaring ada pita horizontal lain, lebar 5cm, mirip dengan pita atas, yang dilalui oleh tali. Tali ini mengikat net ke tiang dan menjaga bagian bawahnya tetap kencang.

2.3 PITA SAMPING

Dua pita putih dipasang tegak lurus pada net dan dipasang tepat di atas setiap garis samping.

Lebar pita putih 5 cm dan panjang 1 m dan Pita putih tersebut adalah bagian dari net.

2.4 ANTENA

Sebuah antena adalah tongkat yang lentursepanjang 1,80 m dan berdiameter 10 mm terbuat dari fiberglass atau bahan sejenisnya.

Sebuah antena dipasang pada bagian luar dari setiap pita samping. Antena diletakan berlawanan pada sisi-sisi net.

Tinggi antena di atas net adalah 80 cm diberi garis-garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm, lebih baik berwarna merah dan putih.

Antena adalah bagian dari net dan sebagai batas samping dari ruang penyeberangan bola.

2.5 TIANG-TIANG

2.5.1 Sebagai penunjang net, tiang-tiang diletakkan dengan jarak 0,50-1,00 m dari luar garis samping. Tinggi 2,55 m dan sebaiknya dapat diatur naik turunnya.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, tiang- tiang ditempatkan pada jarak 1m di luar garis samping dan dilindungi bahan yang empuk.

2.5.2 Tiang harus bulat dan licin, ditegakkan pada lantai tanpa bantuan kawat-kawat. Tiang harus tidak boleh membahayakan atau ada perlengkapan yang merintangi.

2.6 PERLENGKAPAN TAMBAHAN

Semua perlengkapan tambahan harus ditentukan oleh peraturan FIVB.

3. BOLA

3.1 STANDAR (KETENTUAN)

Bola harus bulat, terbuat dari kulit yang lentur atau terbuat dari kulit sintetis yang bagian dalamnya dari karet atau bahan sejenisnya.

Warna bola harus satu warna yang cerah atau kombinasi dari beberapa warna.

Bahan kulit sintesis dan kombinasi warna pada bola yang dipergunakan pertandingan resmi internasional harus sesuai dengan standar FIVB.

Keliling bola 65-67 cm dan beratnya 260-280 g.

Tekanan udara di dalam bola harus 0.30-0,325 kg/cm2 (4,26-4,61 psi) (294,3-318,82 mbar atau hPa).

3.2 KESERAGAMAN BOLA

Semua bola yang dipergunakan dalam suatu pertandingan harus sesuai dengan ketentuan mengenai: keliling, berat, tekanan udara di dalam bola, bentuk, warna dll.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, demikian juga dengan kegiatan Nasional atau kejuaraankejuaraan liga harus menggunakan bola yang disahkan oleh FIVB kecuali dengan adanya persetujuan dari FIVB.

3.3 SISTEM PENJAGA BOLA

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, lima buah bola harus digunakan. Dalam hal ini ditempatkan enam orang penjaga bola, satu pada setiap sudut daerah bebas dan satu di belakang setiap wasit.

BAB II PESERTA

4 TIM

4.1 KOMPOSISI (SUSUNAN) TIM

4.1.1 Untuk sebuah pertandingan, sebuah tim bisa terdiri dari maksimal 12 pemain ditambah

– Staf Pelatih: satu coach, maksimal dua asisten coach.
– Staf medis: satu therapist tim dan satu dokter.

Hanya yang terdaftar di score sheet yang berhak masuk ke Area Kompetisi / Kontrol dan mengambil bagian di pemanasan resmi dan pertandingan.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya di bagian Senior:

Maksimal 14 pemain dapat dicatat di score sheet dan bermain di suatu pertandingan.

Maksimal lima anggota staf yang duduk di bangku cadangan (termasuk coach ditentukan oleh coach tersebut tetapi harus tercatat di score sheet , dan terdaftar di O-2(bis).

Manajer Tim atau Jurnalis Tim tidak diperkenankan duduk atau berada di belakang bangku cadangan di dalam area kontrol.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, dokter dan therapist tim harus merupakan bagian dari delegasi dan terakreditasi oleh FIVB. Tetapi, Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya dibagian Senior, jika mereka tidak termasuk di dalam anggota tim yang duduk di bangku cadangan, mereka harus duduk di daerah yang dibatasi di dalam area kontrol kompetisi atau duduk di tempat khusus yang ditentukan dalam handbook kompetisi tersebut dan hanya dapat mengambil bagian jika diundang oleh wasit untuk menghadapi keadaan darurat seorang pemain. Therapist Tim (walaupun tidak duduk di bangku cadangan) dapat membantu dalam pemanasan sampai dengan dimulainya pemanasan resmi di net.

Peraturan pertandingan dari setiap kompetisi dapat ditemukan di dalam handbook kompetisi tersebut.

4.1.2 Satu dari para pemain adalah kapten tim dia harus diberi tanda dalam score sheet.

4.1.3 Hanya pemain yang tercatat dalam score sheet dapat memasuki lapangan dan bermain dalam pertandingan.

Pada saat coach dan kapten tim telah menandatangani score sheet (daftar pemain jika menggunakan e-score sheet) pemain yang tercatat tidak dapat diganti.

4.2 LOKASI TIM

4.2.1 Para pemain yang tidak bermain harus duduk pada bangku cadangan atau berada di area pemanasan. Coach dan anggota tim yang lain duduk di bangku cadangan tetapi sewaktu-waktu dapat meninggalkannya.

Bangku cadangan untuk setiap tim terletak di samping meja scorer, di luar daerah bebas.

4.2.2 Selama pertandingan hanya anggota tim yang diperkenankan masuk ke dalam daerah permainan, untuk duduk di bangku cadangan dan ikut serta pada waktu pemanasan resmi.

4.2.3 Pemain yang tidak bermain dapat melakukan pemanasan tanpa bola pada:

4.2.3.1 Selama permainan: di dalam area pemanasan:

4.2.3.2 Selama time out: pada daerah bebas di belakang lapangan permainannya.

4.2.4 Selama interval yang ditentukan, pemain dapat melakukan pemanasan menggunakan bola di dalam daerah bebas mereka sendiri.

4.3 PERLENGKAPAN

Perlengkapan pemain terdiri dari baju kaos, celana pendek, kaos kaki (seragam) dan sepatu olahraga.

4.3.1 Warna dan desain baju kaos, celana pendek, kaos kaki harus seragam (kecuali untuk Libero) dan seragam harus bersih.

4.3.2 Sepatu harus ringan dan lunak dengan karet atau gabungan bahan tanpa hak.

4.3.3 Baju kaos pemain harus diberi nomor dari 1 sampai dengan 20

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya dibagian Senior, dimana jumlah pemain yang terdaftar lebih banyak, maka nomor boleh ditambah.

4.3.3.1 Nomor harus ditempatkan pada baju kaos di tengah depan dan di tengah belakang. Warna dan terangnya nomor harus kontras dengan warna dan terangnya baju kaos.

4.3.3.2 Tinggi nomor dada minimal 15 cm dan nomor punggung 20 cm. Garis yang membentuk angka harus minimal selebar 2 cm.

4.3.4 Pada baju kaos kapten tim dibagian dada harus terdapat garis berukuran 8 x 2 cm di bawah nomor dada.

4.3.5 Dilarang menggunakan seragam dengan warna yang berbeda dengan anggota pemain yang lain (kecuali Libero) dan/atau tanpa nomor sesuai.

4.4 PERGANTIAN PERLENGKAPAN

Wasit pertama dapat mengizinkan seorang pemain atau lebih untuk:

4.4.1 Bermain tanpa sepatu.

4.4.2 Mengganti seragam yang basah atau rusak di antara set atau setelah pergantian, asal warna, desain dan nomor seragam yang baru sama.

4.4.3 Bermain dengan memakai training suit di cuaca dingin, asal saja warna dan desain untuk seluruh tim (kecuali Libero) seragam dan bernomor sesuai peraturan 4.3.3

4.5 BENDA-BENDA TERLARANG

4.5.1 Dilarang memakai benda-benda yang dapat menyebabkan cedera atau memberikan keuntungan semu bagi pemain.

4.5.2 Pemain dapat memakai kacamata atau lensa kontak atas resiko mereka sendiri.

4.5.3 Bantalan kompres (alat pelindung cedera) dapat digunakan sebagai pelindung.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya dibagian senior, alat tersebut harus menggunakan warna yang sama sebagai bagian dari seragam, Hitam, Putih atau warna netral juga dapat digunakan asalkan semua pemain yang mengenakan alat tersebut menggunakan warna yang sama.

5 PEMIMPIN TIM

Kapten tim dan coach, mereka berdua bertanggung jawab atas sikap dan disiplin anggota timnya. Libero boleh sebagai kapten tim ataupun kapten bermain.

5.1 KAPTEN

5.1.1 SEBELUM PERTANDINGAN, kapten tim mewakili timnya di dalam undian, lalu menandatangani score sheet.

5.1.2 SELAMA PERTANDINGAN BERLANGSUNG, dan pada saat berada di dalam lapangan, kapten tim adalah kapten bermain. Pada saat kapten tim tidak berada di dalam lapangan, coach atau kapten tim harus menunjuk pemain lain di dalam lapangan, untuk berfungsi sebagai kapten bermain. Kapten bermain tetap memilik tanggungjawabnya sampai dia diganti atau kapten tim kembali bermain atau berakhirnya set.

Pada saat bola keluar lapangan, hanya kapten bermain mempunyai hak berbicara kepada wasit untuk:

5.1.2.1 Untuk menanyakan penjelasan mengenai penerapan atau interpretasi dari peraturan dan juga mewakili temannya untuk mengajukan pertanyaan. Jika kapten bermain tidak setuju dengan penjelasan dari wasit pertama, dia dapat mengajukan protes atas sebuah keputusan dan segera memberi tahu wasit pertama, bahwa dia akan menggunakan hak untuk mencatat protes resmi dalam score sheet pada akhir pertandingan ;

5.1.2.2 Untuk mohon izin:

a) Untuk mengganti sebagian atau seluruh perlengkapan.
b) Untuk mem-verifikasi posisi dari timnya.
c) Untuk memeriksa lantai, net, bola dll;

5.1.2.3 Untuk mengajukan permintaan time out dan pergantian pemain jika coach sedang berhalangan kecuali tim memiliki asisten coach yang telah mengambil alih fungsi coach

5.1.3 PADA AKHIR PERTANDINGAN, kapten tim:

5.1.3.1 Berterima kasih kepada para wasit dan menandatangani score sheet untuk mengesahkan hasil pertandingan;

5.1.3.2 Jika sebelumnya sudah memberitahukan wasit pertama dia dapat menyatakan dan mencatat protes resmi pada score sheet berkenaan dengan penerapan atau interpretasi peraturan oleh wasit.

5.2 COACH

5.2.1 Selama pertandingan, coach mengatur timnya dari luar lapangan permainan. Dia memilih pemain yang main pertama, pergantian pemain, dan meminta time out. Dalam menjalankan tugasnya ini dia berhubungan dengan wasit kedua.

5.2.2 SEBELUM PERTANDINGAN, coach mencatat ulang atau memeriksa nama-nama dan nomor dari pemainnya dalam score sheet, kemudian menandatangani.

5.2.3 SELAMA PERTANDINGAN, coach:

5.2.3.1 Sebelum dimulai tiap set, memberikan daftar posisi yang telah diisi dan ditanda tangani, kepada wasit kedua atau skorer; Jika menggunakan aplikasi Tablet, data dikirim secara otomatis melalui tablet dianggap resmi.

5.2.3.2 Duduk di bangku cadangan paling dekat dengan skorer, tetapi dapat meninggalkan tempat itu.

5.2.3.3 Mengajukan time out dan pergantian pemain,

5.2.3.4 Sama seperti anggota tim lainnya, dapat memberikan instruksi kepada para pemain di lapangan. Coach dapat memberikan instruksi ini sambil berdiri atau berjalan di daerah bebas di depan bangku cadangan timnya dari perpanjangan garis serang sampai ke area pemanasan, jika terletak di sudut Area Kontrol Kompetisi, tanpa mengganggu atau menghambat pertandingan. Jika area pemanasan terletak di belakang bangku cadangan tim, maka coach dapat bergerak dari perpanjangan garis serang sampai dengan ujung lapangan timnya, tetapi tanpa menghalangi pandangan hakim garis.

5.3 ASISTEN COACH

5.3.1 Asisten coach duduk dibangku cadangan, tetapi tidak berhak ikut campur di dalam pertandingan.

5.3.2 Bila coach harus meninggalkan tim-nya dengan alasan apapun termasuk terkena sanksi, tetapi tidak untuk masuk ke lapangan sebagai pemain, asisten coach dapat mengambil alih/menggantikan fungsi dari coach selama durasi coach tersebut berhalangan, setelah dikonfirmasi kepada wasit oleh kapten bermain.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker