Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan?

Sastrawacana.id

three-second violation
three-second violation (pexels/Andrea Piacquadio)

Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan pelanggaran yang disebut “three-second violation” atau “pelanggaran tiga detik”.

Peraturan ini berlaku di dalam daerah serangan (biasanya di daerah garis tiga detik) dan mengharuskan seorang pemain untuk meninggalkan daerah tersebut setelah berada di sana selama lebih dari tiga detik berturut-turut tanpa memiliki bola atau tanpa melakukan tindakan aktif untuk mencoba merebut bola.

Baca juga: Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah?

Jika seorang pemain tetap berada di dalam daerah tersebut lebih dari tiga detik, maka akan dianggap sebagai pelanggaran dan bola akan diserahkan kepada tim lawan.

Tujuan dari peraturan ini adalah untuk mencegah pemain menumpuk di daerah serangan lawan tanpa melakukan tindakan yang produktif, sehingga memperlancar aliran permainan dan memberikan kesempatan yang lebih adil bagi kedua tim untuk menyerang dan bertahan.

Pelanggaran tiga detik ini penting untuk menjaga keseimbangan dalam permainan bola basket.

Dengan aturan ini, pemain yang tidak memiliki bola harus bergerak secara aktif atau meninggalkan daerah pertahanan lawan dalam waktu yang wajar untuk memberikan ruang bagi rekan setimnya untuk menyerang atau mencoba mendapatkan bola.

Baca juga: Dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika?

Selain itu, peraturan ini juga mendorong pergerakan pemain di sekitar lapangan, memperkaya taktik dan strategi permainan.

Ketika pemain tidak diperbolehkan untuk bertahan di dalam daerah tiga detik tanpa alasan yang jelas, mereka lebih mungkin untuk bergerak, membuat posisi bertahan lawan lebih sulit diprediksi.

Dengan demikian, pelanggaran tiga detik bukan hanya untuk menjaga aturan permainan, tetapi juga untuk mempromosikan permainan yang dinamis, cepat, dan menghibur bagi para pemain dan penonton.

Ini menjadi bagian penting dari keseluruhan aturan dan strategi dalam bola basket.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia