Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Iklan di Mozilla dengan Mudah

Jika kamu menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser web, kamu mungkin akan mengalami iklan yang muncul secara tiba-tiba ketika sedang menjelajah internet.

Kadang menurut sebagian orang, iklan dirasa mengganggu pengalaman browsing, sehingga mencari cara untuk memblokirnya.

Nah, buat kamu yang ingin menghilangkan iklan di Mozilla, berikut adalah beberapa langkahnya.

1. Pasang Ekstensi Adblock Plus

Adblock Plus adalah ekstensi gratis untuk Mozilla Firefox yang membantumu untuk menghapus iklan yang muncul di banyak situs web.

Ekstensi ini benar-benar ampuh untuk mengatasi iklan yang muncul secara acak di halaman web.

Adblock Plus secara otomatis memblokir iklan secara instan ketika kamu menjelajah internet. Kamu bisa mengunduhnya di halaman ‘Add-ons’ dari Mozilla Firefox.

Setelah menginstal ekstensi ini, kamu perlu mengkonfigurasi Adblock Plus supaya lebih efektif dalam memblokir iklan.

Kamu dapat langsung menemukan ikon Adblock Plus yang menampilkan logo merah lingkaran di sudut kanan atas browser Mozilla Firefox.

Kini, saat berada di situs web yang mengandung iklan, ikon Adblock Plus akan berubah menjadi tanda silang.

Selain itu, dengan mengklik ikon tersebut, kamu dapat mengatur preferensi Adblock Plus untuk menyaring iklan pada situs web tertentu jika merasa iklannya sangat mengganggu atau tidak relevan.

2. Mengaktifkan Fitur Adblocker Bawaan Mozilla

Firefox mempunyai fitur Adblocker bawaan untuk mengatasi iklan yang muncul di beberapa halaman web.

Fitur ini memerlukan waktu sedikit menyesuaikan menu pengaturannya.

Untuk mengaktifkannya, ketik “about:preferences#privacy” di bar alamat di Firefox.

Kemudian, gulir ke bawah ke bagian “Pelindung Konten” dan pilih opsi “Perluasan Filter Pelindung Konten” lalu aktifkan “Pelindung Konten”.

Kamu juga dapat mengaktifkan fitur “Trek Penghalang” untuk mengobrol iklan yang mengikuti kamu secara daring di Firefox dan mengubah pengaturan kuki.

Namun, perlu diingat, bijaklah dalam menyaring iklan di browser karena beberapa situs web dikelola oleh penerbit yang memerlukan iklan sebagai sumber pendapatan.

3. Memblokir Iklan secara Manual

Jika menemukan iklan yang berhasil lewat dari Adblocker atau fitur pelindung konet di Firefox, ada cara mudah untuk memblokir iklan secara manual.

Kamu bisa melakukan ini dengan mengklik kanan pada iklan itu dan memilih opsi “Block This Ad” atau “Block Element”.

Cara ini akan menempatkan iklan tersebut ke dalam daftar blokir, sehingga iklan-iklan tersebut tidak muncul lagi di kemudian hari.

Namun, memblokir iklan secara manual membutuhkan waktu dan sedikit usaha agar efektif.

Jangan terkecoh dengan iklan “Microsoft Support” yang masuk dari nomor telepon acak yang bertanya tentang masalah komputer, karena ini biasanya adalah kebohongan dan berpeluang akan merusak komputermu.

4. Menggunakan Program Antivirus

Beberapa program antivirus seperti Avira, AVG, atau Avast memiliki fitur Anti-adware untuk memblokir iklan di browser Firefox.

Kamu dapat menginstal salah satu program tersebut pada komputer dan program tersebut akan memblokir iklan ketika menjelajah internet dengan Mozilla Firefox.

Program antivirus terpercaya ini akan membantumu untuk memblokir iklan dan melindungi komputer dari program berbahaya atau malware.

Program ini bekerja sangat baik jika kamu ingin menghilangkan iklan secara efektif di Mozilla Firefox tanpa takut kehilangan data atau membahayakan laptop.

5. Mengaktifkan Mode Private Browsing

Mode Private Browsing adalah salah satu fitur browser ‘rahasia’ untuk menghilangkan iklan.

Ketika menyalakan mode ini (dapat diakses dengan mengetikkan “CTRL + SHIFT + P”), browser akan menghapus semua perubahan yang terjadi selama sesi browsing selesai.

Ini termasuk halaman web yang baru saja dibuka dan iklan yang muncul. Ini adalah cara yang bagus untuk menghapus iklan langsung saja di Mozilla Firefox.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker