Pendidikan

Apa Kaitan antara Diagram Identitas Gunung Es dan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada Murid dan Transformasi Pendidikan?

Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dan penumbuhan profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?

Jawaban:

Diagram identitas gunung es dapat membantu memahami kaitan antara penumbuhan profil Pelajar Pancasila dan transformasi pendidikan. Berikut penjelasannya:

Diagram Identitas Gunung Es:

Bagian gunung es yang terlihat di permukaan laut mewakili aspek kasat mata dari diri seseorang, seperti pengetahuan, keterampilan, dan perilaku.

Bagian gunung es yang tersembunyi di bawah laut mewakili aspek tersembunyi dari diri seseorang, seperti nilai-nilai, keyakinan, dan karakter.

Baca juga: Apa 3 tantangan paling sulit yang akan anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila:

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  2. Berkebinekaan global
  3. Bergotong royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar kritis
  6. Kreatif

Dimensi-dimensi ini merupakan aspek tersembunyi dari diri seorang murid yang perlu ditumbuhkan.

Transformasi Pendidikan:

Transformasi pendidikan bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki profil Pelajar Pancasila. Hal ini dapat dilakukan dengan:

  • Mengembangkan kurikulum yang fokus pada penumbuhan karakter dan nilai-nilai Pancasila.
  • Membangun budaya belajar yang mendukung pengembangan profil Pelajar Pancasila.
  • Memberdayakan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam penumbuhan profil Pelajar Pancasila.

Baca juga: Berdasarkan inspirasi yang anda dapatkan, apa perubahan praktik anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah anda lakukan?

Kaitan dengan Diagram Identitas Gunung Es:

Bagian gunung es yang terlihat di permukaan laut (pengetahuan, keterampilan, dan perilaku) dapat dikembangkan melalui pembelajaran di sekolah.

Namun, untuk menumbuhkan karakter dan nilai-nilai Pancasila (aspek tersembunyi di bawah laut), perlu ada upaya yang lebih dalam.

Upaya ini dapat dilakukan melalui:

  • Pembiasaan di sekolah, seperti pembiasaan berdoa, bergotong royong, dan menjaga kebersihan.
  • Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
  • Pendekatan holistik yang melibatkan semua pihak, seperti guru, orang tua, dan masyarakat.

Dengan demikian, diagram identitas gunung es dapat menjadi alat bantu untuk memahami bagaimana transformasi pendidikan dapat dilakukan untuk menumbuhkan profil Pelajar Pancasila

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)