Akademis

Hewan yang menggunakan partikel magnetik pada tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah?

Hewan yang menggunakan partikel magnetik pada tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah?

Jawaban:

1. Burung

Banyak spesies burung, seperti burung merpati, burung layang-layang, dan burung robin, memiliki sel khusus di paruh yang mengandung magnetik.

Magnetite ini membantu mereka merasakan medan magnet bumi dan menggunakannya untuk navigasi.

2. Salmon

Salmon memiliki sel khusus di hidung mereka yang mengandung magnetik.

Mereka menggunakan sel ini untuk mendeteksi perubahan medan magnet bumi dan menggunakan informasi ini untuk menemukan jalan kembali ke tempat mereka dilahirkan untuk bertelur.

Baca juga: 6 Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah

3. Penyu

Penyu memiliki magnetik di otak yang membantu merasakan medan magnet bumi. Mereka menggunakan informasi ini untuk navigasi selama migrasi mereka.

4. Lumba-lumba

Lumba-lumba memiliki magnetite di otak yang membantu merasakan medan magnet bumi. Mereka menggunakan informasi ini untuk navigasi dan berburu mangsa.

5. Lebah madu

Lebah madu memiliki magnetik di perut mereka yang membantu mereka merasakan medan magnet bumi.

Mereka menggunakan informasi ini untuk navigasi dan menemukan jalan kembali ke sarang mereka.

Selain hewan-hewan yang disebutkan di atas, beberapa hewan lain juga diyakini menggunakan magnetoreception untuk navigasi, termasuk lebah, kupu-kupu, dan beberapa spesies mamalia.

Baca juga: 5 Contoh Hewan Fragmentasi dan Penjelasannya

Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami bagaimana hewan-hewan ini menggunakan magnetik untuk navigasi.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa mereka mungkin menggunakan magnetik untuk merasakan arah dan kekuatan medan magnet bumi.

Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membuat peta navigasi internal yang membantu mereka menemukan jalan.

Magnetoreception adalah salah satu contoh bagaimana hewan menggunakan indera mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka.

Kemampuan untuk merasakan medan magnet bumi memberi hewan-hewan ini kemampuan untuk navigasi yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan menemukan jalan kembali ke tempat mereka berasal.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)