Lifestyle

5 Cara Bersyukur Kepada Allah Agar Hati Lebih Tenteram

Di dalam ajaran agama Islam, cara bersyukur kepada Allah SWT perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan rasa syukur, kita sebagai umat muslim tidak akan mudah mengeluh terhadap keadaan yang sedang dialami.

Rasa bersyukur merupakan wujud ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Allah SWT atas segala berkah dan nikmat yang telah diberikan.

Cara Bersyukur Kepada Allah

Lalu, bagaimana cara kita bersyukur kepada Allah? Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan rasa bersyukur kita kepada Allah SWT.

1. Selalu Mengingat Allah SWT

Cara kita bersyukur kepada Allah yang paling mudah adalah dengan senantiasa mengingat kepada Allah, kapanpun dan dimanapun berada.

Kita juga harus menyadari bahwa Allah yang menciptakan manusia serta mengatur segala kehidupan dari lahir sampai wafat.

Ketika mengingat Allah, maka hati kita akan lebih tenteram sehingga tak perlu risau lagi dengan apa yang terjadi karena Allah selalu menemani.

2. Selalu Mengingat Janji Allah

Selanjutnya cara untuk bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan selalu mengingat akan janji-janji Allah, baik di dunia maupun di akhirat.

Ketika kita sabar dan menerima ujian yang telah ditetapkan, maka tiada lain, kecuali kebaikan dan hikmah yang akan kita terima kemudian hari.

Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat segala bentuk tindakan manusia.

Tetap bersyukur atas apa yang kita hadapi saat ini karena Allah pasti punya rencana lain yang disiapkan untuk kita.

Sebab, pada dasarnya segala masalah yang kita alami adalah proses pendewasaan untuk memantaskan kita berada pada level selanjutnya.

3. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Bentuk rasa bersyukur tidak hanya dilakukan lewat hati ataupun lisan saja.

Kita juga perlu mewujudkan dalam tindakan, salah satunya menjadi pribadi yang baik dan pribadi yang bertakwa kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, kita seharusnya menjalankan segala perintah yang telah Allah perintahkan dan menjauhi semua larangan-Nya.

Misalnya, dengan cara taat dalam menjaga salat lima waktu, melaksanakan zakat fitrah, membaca Al-Qur’an, menjalankan puasa Ramadan dan menjauhi perbuatan maksiat.

4. Mengingat Jika Berpaling dari Allah Swt

Cara bersyukur kepada Allah berikutnya adalah dengan selalu mengingat akibat-akibat yang akan terjadi jika kita mengingkari dan bahkan berpaling dari Allah SWT.

Oleh karena itu, apa pun hal yang kita rasakan, setiap umat muslim haruslah selalu bersyukur dan berserah diri kepada Allah SWT.

5. Berbagi Kepada yang Berhak

Jika memiliki rezeki yang lebih, hendaknya berbagi kepada orang yang berhak menerima.

Seperti kepada fakir miskin, anak yatim, atau menyumbangkan sebagian harta untuk pembangunan masjid, madrasah dan lainnya.

Kita harus bersyukur karena diberi kelebihan rezeki, mengingat masih banyak diluar sana yang untuk makan pun kesulitan.

Namun, dibalik rezeki yang kita dapatkan, sesungguhnya ada hak “mereka” yang harus kita berikan. Sebab rezeki pun termasuk salah satu cara Allah menguji hamba-Nya.

Itulah cara bersyukur kepada Allah yang perlu kita pahami dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, Allah sudah menjamin bila kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat yang diberikan.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker