Akademis

Tidak semua harta peninggalan dapat dibagi kepada ahli waris. Sebelum harta diwariskan, harus dibersihkan dulu dari?

Tidak semua harta peninggalan dapat dibagi kepada ahli waris. Sebelum harta diwariskan, harus dibersihkan dulu dari?

a. riba
b. riya
c. hutang
d. kotoran
e. ashabah

Jawaban:

c. hutang

Pembahasan:

Dalam hukum waris Islam, konsep membersihkan atau melunasi utang sebelum membagikan harta peninggalan kepada ahli waris merupakan prinsip penting yang dijunjung tinggi.

Alasan mengapa hutang harus dibersihkan terlebih dahulu:

  • Hutang adalah hak orang lain. Orang yang meninggal dunia masih memiliki kewajiban untuk melunasi hutangnya. Oleh karena itu, hutang harus dibayarkan terlebih dahulu sebelum warisan dibagikan kepada ahli waris.
  • Membebaskan jiwa orang yang meninggal dunia. Dipercaya bahwa hutang yang tidak dibayar dapat membebani jiwa orang yang meninggal dunia. Oleh karena itu, melunasi hutang orang yang meninggal dunia dapat membantu membebaskan jiwanya.
  • Menjaga keadilan bagi semua pihak. Membagikan warisan sebelum melunasi hutang dapat menyebabkan ketidakadilan bagi pihak yang berhutang. Oleh karena itu, hutang harus dibersihkan terlebih dahulu agar semua pihak mendapatkan haknya secara adil.

Harta warisan yang lain seperti riba (harta yang diperoleh dari bunga pinjaman yang haram), riya (beramal untuk dilihat orang lain), kotoran, dan ashabah (barang yang tidak memiliki nilai) tidak perlu dibersihkan sebelum diwariskan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker