Lifestyle

Mengenal Miniature Circuit Breaker (MCB), Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu MCB?

Miniature Circuit Breaker adalah perangkat atau komponen penting dalam sistem kelistrikan yang berfungsi memutuskan daya listrik secara otomatis ketika terjadi korsleting.

MCB juga bisa disebut sebagai saklar otomatis yang terhubung ke panel listrik dan bertanggung jawab untuk memutuskan daya listrik ketika terjadi korsleting atau arus lebih tinggi dari kapasitas kabel listrik.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

Fungsi MCB

Circuit Breaker melindungi rumah dari kebakaran yang disebabkan oleh terlalu banyak arus yang mengalir melalui kabel listrik.

Jika arus lebih tinggi dari kapasitas kabel, maka kabel tersebut akan menjadi panas dan dapat menimbulkan kebakaran.

MCB juga melindungi peralatan listrik dari kerusakan akibat arus lebih tinggi.

Ketika terjadi korsleting atau gangguan listrik lainnya, Circuit Breaker akan memutuskan arus listrik sehingga peralatan listrik tidak rusak.

Baca juga: 8 Contoh Sumber Energi Alternatif untuk Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Bagaimana Cara Kerja MCB?

Main Circuit Breaker bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik.

Ketika arus listrik yang mengalir melalui kabel listrik terlalu tinggi, magnet yang terdapat pada Circuit Breaker akan menjadi aktif dan memutuskan arus listrik.

Setelah Circuit Breaker memutuskan arus listrik, kita harus menekan kembali saklar Circuit Breaker untuk menghidupkan kembali listrik.

Jika Circuit Breaker terus memutuskan listrik, maka ada masalah dengan kelistrikan rumah dan harus memanggil teknisi listrik untuk memeriksa dan memperbaikinya.

Kesimpulan

Miniature Circuit Breaker adalah komponen penting dalam sistem listrik rumah yang berfungsi untuk melindungi rumah dan peralatan listrik dari kebakaran dan kerusakan akibat arus lebih tinggi.

MCB bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik dan akan memutuskan arus listrik ketika terjadi korsleting atau arus lebih tinggi dari kapasitas kabel listrik.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker