Akademis

10 Pengertian Teori Konstruktivisme Menurut Para Ahli

Secara umum, Teori Konstruktivisme adalah sebuah teori pembelajaran yang memberi kebebasan kepada siapapun untuk belajar atau mencari kebutuhannya dengan bantuan orang lain.

Pengertian Teori Konstruktivisme Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian teori konstruktivisme menurut para ahli.

1. Karli dan Margaretha (2002 : 16)

Pembelajaran model konstruktivisme adalah proses pembelajaran yang diawali konflik kognitif, yang pada akhirnya pengetahuan akan dibangun sendiri oleh siswa melalui pengalaman dan hasil interaksi dengan lingkungannya.

2. Horleys, et al. (Isjoni, 2007 : 22)

Model pembelajaran konstruktivisme menekankan pada pengembangan kemampuan, keterampilan (hand-on), dan pemikiran siswa (mind-on).

Baca juga: Pengertian dan Contoh Teori Belajar Behavioristik

3. Menurut Trianto (2011: 113),

Contructivism (kontruktivisme) merupakan landasan berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong.

4. Departemen Agama (2005)

Konstruktivisme adalah pandangan filosofi yang mendasari pembelajaran kontekstual, memperoleh lebih diutamakan dibandingkan dengan seberapa banyak siswa memperoleh dan mengingat pengetahuan dan oleh sebab itu dalam teori kontruktivisme guru diwajibkan memfasilitasi belajar anak didik.

5. Suprijono (2014: 39)

Kontruktivisme beraksentuasi belajar sebagai proses operatif, bukan figurative. Belajar operatif adalah belajar memperoleh dan menemukan struktur pemikiran yang lebih umum yang dapat digunakan pada bermacam-macam situasi.

Baca juga: 10 Pengertian Kompetensi Pedagogik Menurut Para Ahli

6. Hill (2009)

Berpendapat bahwa kontruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari.

7. Tran Vui

Konstruktivisme adalah suatu filsafat belajar yang dibangun atas anggapan bahwa dengan memfreksikan pengalaman-pengalaman sendiri.

8. Skymansky (1992)

Kontruktivisme adalahn aktivitas yang aktif, dimana peserta didik membina sendiri pengetahuannya, mencari arti dari apa yang mereka pelajari, dan merupakan proses menyelesaikan konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berpikir yang telah ada dan dimilikinya.

9. Thobroni

Teori konstruktivisme merupakan teori yang memberikan kebebasan kepada manusia untuk menemukan apa yang inginkan dan memberikan kesempatan apa yang dibutuhkan orang tersebut.

Baca juga: Pengertian Teknik Snowball Sampling Penelitian dan Contohnya

10. Poedjiadi (2005:70)

Konstruktivisme bertitik tolak dari pembentukan pengetahuan dan rekonstruksi pengetahuan, yaitu mengubah pengetahuan yang dimiliki seseorang yang telah dibangun atau dikonstruk sebelumnya dan perubahan itu sebagai akibat dari interaksi dengan lingkungannya.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)