Pendidikan

ST Sarjana Apa? Ini Pengertian dan Prospek Kerjanya

Pengertian S.T

S.T (Sarjana Teknik) adalah gelar akademik untuk mahasiswa yang berhasil menyelesaikan jenjang sarjana atau gelar S1 (Strata 1) dalam bidang studi teknik.

Jadi, ST adalah sarjana teknik. Setiap lulusan fakultas teknik, maka akan mendapat gelar S.T ketika berhasil menyelesaikan strata 1.

Dalam lingkup internasional, S.T setara Bachelor of Engineering atau (B.E. atau B.Eng.).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gelar M.Sc (Master of Science) dan Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Sarjana Teknik

Saat mencari lowongan kerja, terutama dari perusahaan milik negara, Sarjana Teknik sangat potensial dan dibutuhkan.

Bisa kita buktikan sendiri, rata-rata kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan dari fakultas teknik yang menyandang gelar S.T.

Prospek kerja Sarjana Teknik juga luas sehingga dapat memberi karier cemerlang di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja sarjana teknik yang perlu kamu ketahui.

1. Teknik Sipil

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil berhubungan dengan infrastruktur, sehingga kamu bisa bekerja di perusahaan properti, pengembang, maupun konstruksi, baik perusahaan swasta maupun milik negara.

2. Teknik Mesin

Sarjana Teknik Mesin sangat dibutuhkan di sektor industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomotif, pertambangan, dan sebagainya.

3. Teknik Elektro

Sebagai ahli kelistrikan, kamu memiliki banyak peluang kerja di berbagai macam industri, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), otomotif, telekomunikasi, perminyakan dan gas.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Prospek Kerjanya

4. Teknik Perkapalan

Indonesia adalah negara maritim, sehingga hal-hal yang berhubungan dengan perairan atau kelautan tentu akan potensial, termasuk Teknik Perkapalan.

Kamu dapat bekerja sebagai teknisi, perancang, pengoperasian, bisnis, dan masih banyak lagi seputar perkapalan.

5. Teknik Kimia

Sebagai ahli kimia, kamu bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, farmasi, dan menjadi konsultan ahli, misalnya konsultan produk yang menggunakan bahan-bahan kimia.

6. Arsitektur

Dulu, lulusan arsitektur menyandang gelar Ir. kemudian berubah menjadi S.T dan kini menjadi S.Ars.

Menjadi mahasiswa arsitektur, kamu akan mempelajari desain serta rancangan konstruksi bangunan.

Bedanya dengan Teknik Sipil adalah, arsitektur lebih kepada konsep dan desain, sementara realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

7. Teknik Informatika

Di zaman yang serba digital saat ini, Teknik Informatika memiliki peluang yang cukup besar.

Sebab, lulusan Teknik Informatika mengerti tentang pemrograman, seperti pengembangan aplikasi, website, hingga membuat software yang dibutuhkan oleh perusahaan.

8. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian mempelajari tentang penerapan teknologi produksi untuk pemanfaatan hasil hasil alam dan hasil pertanian.

Sehingga lulusan Teknik Pertanian bisa bekerja di industri-industri yang berhubungan dengan pertanian atau bisa juga ke instansi pemerintahan seperti Pusat Penelitian (Litbang).

Baca juga: 10 Rekomendasi Fakultas Ilmu Budaya dari Beberapa Universitas Ternama di Indonesia

9. Teknik Metalurgi

Menjadi mahasiswa Teknik Metalurgi, kamu mempelajari prinsip keilmuan fisika, matematika dan kimia serta engineering.

Lulusan Teknik Metalurgi punya prospek kerja di berbagai industri, seperti pertambangan, industri baja, ekstraksi logam, manufaktur, minyak dan gas, serta lembaga penelitian.

10. Teknik Geofisika

Teknik Geofisika mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, kemudian melakukan pengukuran serta pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam.

Adapun konsep dari Teknik Geofisika adalah untuk pemanfaatan sumber daya bumi, lingkungan alam, serta mitigasi bencana kebumian.

Prospek kerjanya menjanjikan, kamu bisa bekerja di instansi pemerintah seperti BMKG, Pertamina, hingga BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu gelar S.T dan apa saja prospek kerjanya. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Sastrawacana.id.

Author: Maulana Affandi

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker