Lifestyle

9 Penyebab Kulit Kepala Gatal yang Perlu Diwaspadai

Kulit kepala gatal adalah kondisi ketika kulit pada bagian kepala mengalami sensasi gatal yang intens sehingga membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu.

Kulit kepala gatal menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak orang dan penyebabnya bisa bervariasi, sehingga setiap orang tidak selalu sama.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa penyebabnya sehingga kita tahu bagaimana solusi yang tepat.

Baca juga: Gak Perlu ke Salon, Ini Cara Mengatasi Rambut Mengembang dengan Mudah

Penyebab Kulit Kepala Gatal

Adapun beberapa penyebab kulit kepala gatal adalah sebagai berikut:

1. Ketombe (Dandruff)

Salah satu penyebab paling umum gatal pada kulit kepala adalah ketombe. Ketombe adalah pengelupasan kulit kepala yang biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau iritasi.

2. Dermatitis Seboroik (Seborrheic Dermatitis)

Ini adalah kondisi kulit yang dapat menyebabkan kulit kepala kering, berminyak, bersisik, kulit kepala menjadi merah, dan gatal. Kondisi ini dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga menyebabkan kulit menjadi gatal.

3. Kulit Kering (Dry Scalp)

Kulit kepala yang kering dapat menjadi gatal dan bersisik, terutama di musim dingin atau jika kita sering mencuci rambut dengan sampo yang mengandung bahan kimia keras.

4. Alergi atau Iritasi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau iritasi terhadap produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, atau pewarna rambut. Bahan kimia dalam produk-produk ini dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala.

5. Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada kulit kepala, seperti tinea capitis, dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan bahkan kerontokan rambut.

6. Serangga atau Parasit

Gigitan serangga atau infestasi parasit seperti kutu kepala (lice) juga dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala.

7. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan kulit kepala mengalami pembengkakan, bersisik, dan gatal.

8. Stres atau Kecemasan

Faktor emosional seperti stres atau kecemasan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala dan menyebabkan gatal.

9. Reaksi Kulit

Beberapa produk perawatan rambut atau pewangi yang mengandung bahan kimia tertentu dapat memicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit kepala.

Itulah beberapa penyebab kulit kepala gatal. Jika kondisi gatal sudah parah, sebaiknya menghubungi pihak medis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker