Pendidikan

13 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

Hari peringatan adalah hari yang ditetapkan untuk memperingati suatu peristiwa penting atau untuk menghormati seseorang atau sekelompok orang.

Hari peringatan dapat bersifat nasional, regional, atau internasional.

Bicara tentang peringatan, tanggal 13 Maret diperingati sebagai beberapa hari penting, yaitu:

1. Hari Masyarakat Adat Nasional

Ini adalah hari nasional di Indonesia untuk menghormati dan menghargai jasa masyarakat adat yang berperan penting dalam menjaga tradisi dan budaya.

Menurut informasi dari situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Hari Masyarakat Adat diselenggarakan untuk menghormati dan mengapresiasi peran tokoh/masyarakat yang berkontribusi besar dalam melestarikan adat istiadat Indonesia yang beragam.

Perayaan ini, yang jatuh pada tanggal 13 Maret setiap tahunnya, memiliki tujuan untuk menghargai jasa masyarakat yang berjuang untuk menjaga warisan adat di berbagai daerah di Indonesia.

Masyarakat adat, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merujuk pada kelompok yang hidup di suatu wilayah dengan landasan leluhur bersama, diatur oleh hukum adat atau lembaga adat, dan memiliki hak atas hasil dan pengelolaan wilayah mereka.

Baca juga: Sejarah Hari Gajah Sedunia dan Sisa Populasi yang Memprihatinkan

2. Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Tanggal 13 Maret 1755 diputuskan sebagai hari lahir Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut informasi yang dikutip dari situs Jogjaprov.go.id, penetapan tanggal lahir tersebut didasarkan pada Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hari Jadi DIY yang telah disetujui secara bersama oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY.

3. International Every Girl Wins Day

International Every Girl Wins Day diperingati setiap tanggal 13 Maret untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak perempuan di seluruh dunia, terutama untuk anak perempuan.

Hari ini adalah hari untuk mendukung kesetaraan gender dengan fokus khusus pada hak-hak anak perempuan di seluruh dunia.

Peringatan ini digagas oleh oleh Every Girl Wins Institute pada tahun 2019, sebuah organisasi yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan anak perempuan.

 

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker