Lifestyle

Transformasi Framework: Dari Laptop Menjadi Raksasa Elektronik Dunia

Framework, perusahaan laptop modular yang dapat diperbaiki, memiliki ambisi lebih besar dari sekadar laptop. Mereka ingin menjadi perusahaan elektronik konsumen secara keseluruhan.

Itulah salah satu alasan terbesar mengapa mereka baru saja mengumpulkan dana tambahan sebesar $18 juta – mereka ingin melebarkan sayap di luar laptop ke “kategori produk tambahan.”

CEO Framework, Nirav Patel, mengatakan bahwa ini selalu menjadi rencana mereka dan perusahaan pada awalnya memiliki ide lain yang menarik selain laptop.

“Kami memilih untuk mengambil alih ranah notebook terlebih dahulu,” katanya.

Pilihan ini didasari oleh beberapa alasan.

  • Pertama, Framework tahu mereka dapat membiayai ambisi mereka dengan melayani pembangun PC, pengutak-atik, dan penggemar Linux yang diabaikan oleh produsen besar (OEM).
  • Kedua, mereka ingin meraih sukses besar atau tidak sama sekali.

Patel percaya, jika Framework bisa sukses di bidang laptop, mereka bisa membangun hampir apapun.

Namun, setelah lima tahun membangun laptop, apa produk tambahan yang mungkin Framework tawarkan?

Patel masih merahasiakannya. Meskipun saya bertanya dengan berbagai cara, dia hanya memberikan sedikit petunjuk.

Dia bahkan tidak mengatakan apakah produk baru ini akan memiliki dampak yang lebih besar atau lebih kecil dari laptop.

Framework mungkin akan memilih kategori yang “sama sulitnya” atau mungkin mencoba sesuatu yang “sedikit lebih kecil dan lebih sederhana untuk dijalankan, lebih efisien sekarang karena kami memiliki semua infrastruktur ini.”

Patel juga tidak mengatakan apakah produk baru ini akan menyasar para pecinta gadget seperti laptop mereka, atau lebih condong ke konsumen sehari-hari.

(Patel baru-baru ini menyarankan kepada Jason Carman bahwa Framework mungkin akan menyesuaikan pemasaran mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas.)

Namun, Patel menegaskan bahwa produk baru ini tidak akan dibuat sekali lepas.

Ketika Framework mengumpulkan dana untuk kategori produk baru, mereka akan membangun peta jalan untuk terus mengembangkan produk tersebut dari tahun ke tahun.

“Setiap kali produk masuk ke peta jalan, kami tidak akan berkata: ‘Ini bisa diperbaiki, itu saja.’ Produk pertama adalah langkah awal,” jelasnya.

Putaran awal pendanaan Framework senilai $9 juta digunakan untuk desain laptop 13 inci pertama mereka, yang telah bertahan selama tiga generasi komponen.

Pendanaan Seri A senilai $18 juta di tahun 2022 digunakan untuk Framework Laptop 16. Sekarang, mereka mendapatkan $18 juta lagi untuk ekspansi selanjutnya.

Muncul pertanyaan: apakah tim Framework perlu fokus pada beberapa masalah laptop yang tersisa sebelum beralih ke wilayah baru?

Namun, Patel mengatakan tim laptop mereka tidak akan menyusut seiring berjalannya waktu. Hanya saja tim tertentu, seperti desainer industri, tidak perlu lagi ada setelah desain terkunci.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan laptop, mengunci desain adalah keuntungan bagi Framework.

Idenya adalah agar pengguna dapat mempertahankan sasis yang sama dari tahun ke tahun sambil meningkatkan dan memperbaiki komponen.

Patel mengatakan Framework Laptop 13 dan Framework Laptop 16 memiliki umur panjang, meskipun dia masih belum bisa berkomitmen untuk upgrade GPU di model 16 inci di masa mendatang.

“Anda akan menjadi orang pertama yang tahu,” katanya.

Framework memiliki sekitar 50 karyawan, dan mereka berencana untuk menambah menjadi 60 karyawan sebelum akhir tahun, dengan “sedikit pertumbuhan tim tambahan” di tahun 2025.

Mereka adalah perusahaan kecil yang perlu bermitra untuk benar-benar memproduksi perangkat keras.

Mitra laptop mereka, Compal, misalnya, tampaknya melakukan lebih dari sekadar menjalankan jalur perakitan.

Jadi, jika Anda ingin mencari tahu apa yang sedang dikembangkan Framework selanjutnya, Anda bisa melihat jaringan relasi yang dibangun perusahaan.

Ada petunjuk eksplisit tentang hal itu dalam siaran pers mereka: “Kami telah melakukan sejumlah diskusi kemitraan awal dengan startup lain dalam portofolio investor kami,” bunyi salah satu baris.

Baris lain menunjukkan bahwa Cooler Master, yang mendesain solusi termal di dalam Framework Laptop 16 dan sekarang menjadi investor langsung, mungkin juga membantu Framework membangun produk baru.

“Kami memiliki kolaborasi tambahan dengan tim Cooler Master yang sedang dalam tahap inkubasi sekarang.”

Framework juga mengatakan mereka akan mengizinkan 100 anggota komunitas untuk menginvestasikan masing-masing $10.000 dari uang mereka sendiri di perusahaan, selama mereka adalah investor terakreditasi.

sumber: the verge

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)