Akademis

8 Pengertian Monolog Menurut Para Ahli

Istilah monolog sangat populer dalam dunia drama dan seni peran. Monolog sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu mono dan legein.

Mono artinya tunggal, sedangkan legein artinya berbicara. Sehingga dapat dikatakan bahwa monolog adalah sebuah perbincangan yang dilakukan seorang diri, tanpa ada lawan bicara.

Baca juga: Pengertian Teks Anekdot Beserta Struktur dan Contohnya

Pengertian Monolog Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa pengertian monolog menurut para ahli.

1. Suroso

Pengertian monolog adalah berbicara sendiri, bercerita sendiri, tentang suatu peristiwa atau keadaan yang dialami tokoh.

2. Kabisch (1985:43)

Monolog adalah suatu percakapan yang dilakukan dengan diri sendiri. Sebagai seorang monolog, penggambaran bukan menggambarkan akan situasi sebagai monolog pengamat, tetapi juga memperjelas komentar.

Baca juga: 12 Pengertian Drama Menurut Para Ahli

3. Alterman

Menurut Alterman, monolog dapat di artikan sebagai a long monologue or monodrama is a one-person play. Monodramas can be a powerful form of theater.

4. Abdullah

Mendefinisikan bahwa monolog adalah ungkapan kata hati dalam drama. Abdullah menyebutkan bahwa ada tiga macam monolog yang terdiri dari monolog, aside dan soluloque.

5. Nano Riantiarno

Menurut seniman teater Nano Riantiarno pengertian monolog adalah tradisi, monodrama yang diadopsi dari Yunani Klasik. Kemudian seiring berjalannya waktu dikembangkan oleh Wiliam Shakespeare dalam banyak bentuk drama.

6. Shakespeare

Sementara berbeda dengan Shakespeare yang menyebutkan seorang pelakon yang mengungkapkan fikiran dan perasaan tanpa kehadiran pelaku lain adalah soliloque, yang juga masih termasuk dalam drama panjang.

7. Reantiarno

Pengertian monolog menurut reantiarno monolog memiliki banyak aliran, bentuk pertunjukan dan memiliki perspektif keilmuan yang beragam. Ada yang namannya mono play, one man show, teater solo dan masih banyak istilah lain yang akan kita pelajari dalam monolog

8. Marquab

Dialog dan monolog memiliki hubungan dalam drama. Menurut Marquab, dialog dan monolog adalah bentuk dari komunikasi dalam drama. Jika drama tidak komunikatif, maksud pengarang, pembangunan nresmon emosional tidak akan sampai.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker