Biografi

Pengertian Biografi Adalah? Ini Penjelasan dan Contohnya

Pengertian Biografi

Biografi adalah kisah hidup seseorang yang diabadikan dalam bentuk tulisan, teks, atau naskah.

Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Bios yang artinya hidup dan Graphien yang artinya tulis.

Sehingga jika digabungkan maka bisa berarti tulisan yang mengisahkan hidup seseorang.

Teks Biografi

Lebih sederhana lagi, biografi bisa dikatakan sebagai riwayat hidup. Jadi, dalam mengisahkan riwayat hidup seseorang, teks yang digunakan dalam biografi bisa panjang ataupun pendek.

Biasanya, jika teks biografi panjang, kisah yang dianggap cukup mendetail mengenai masa lalu sedari seseorang tersebut masih kecil hingga dewasa.

Namun, kadang juga biografi hanya mengambil poin-poin penting dari kisah hidup seseorang.

Poin-poin penting itu berupa tanggal lahir, nama lengkap, nama kecil, orang tua, pendidikan, karir, prestasi, pasangan, anak, dan tempat tinggal.

Semua data tersebut dikemas menjadi teks yang ringkas sehingga menjadi sebuah bacaan yang informatif, alias informasi yang diberikan dapat dimengerti oleh pembaca.

Struktur Teks Biografi

Adapun struktur teks negosiasi meliputi:

1. Orientasi

Orientasi bisa berupa pengenalan awal terhadap sosok yang sedang ditulis biografinya.

2. Pengenalan Lebih Lanjut

Dalam pengenalan lebih lanjut, teks biografi biasanya berisi tentang latar belakang, silsilah keluarga, serta hari lahir dari tokoh.

3. Peristiwa

Selanjutnya, teks biografi harus berisi peristiwa. Maksud dari peristiwa di sini adalah teks biografi berisi rentetan kisah hidup serta masalah yang pernah dialami oleh seseorang. Baik itu dari kisah ekonomi, pendidikan, ataupun karir.

4. Penutup

Dalam bagian penutup, biasanya berisi mengenai pandangan penulis tentang tokoh atau seseorang yang sedang ditulis teks biografinya. Namun ini sifatnya opsional, kadang juga tidak dicantumkan.

Siapa yang Layak Ditulis Biografinya?

Tidak ada yang tidak layak, alias semua bisa ditulis teks biografinya, termasuk diri sendiri. Jadi, biografi tidak harus mengisahkan tokoh-tokoh ternama saja.

Begitu banyak contoh biografi diri sendiri yang membuktikan bahwa biografi tidak harus mengisahkan tokoh-tokoh penting saja.

Setiap orang bisa menulis biografi diri sendiri dengan tujuan agar orang lain mengetahui kisah hidupnya.

Contoh Teks Biografi

Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh teks biografi singkat dari tokoh penting di Indonesia.

Contoh Teks Biografi Singkat B.J. Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie, atau dikenal sebagai B.J. Habibie, lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Sejak kecil, Habibie menunjukkan minat besar pada dunia penerbangan.

Ia menempuh pendidikan di Technische Hogeschool Delft (sekarang Universitas Teknologi Delft) di Belanda dan meraih gelar insinyur penerbangan pada tahun 1960.

Habibie kemudian bekerja di berbagai perusahaan penerbangan di Jerman, termasuk Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB).

Di MBB, Habibie berkontribusi pada pengembangan pesawat Airbus A300. Pada tahun 1974, Habibie kembali ke Indonesia dan ditunjuk sebagai presiden direktur Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), yang kemudian menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Habibie, IPTN berhasil mengembangkan berbagai pesawat, termasuk CN235 dan N250. Habibie juga berperan penting dalam pendirian Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Pada tahun 1998, Habibie dilantik sebagai presiden Indonesia setelah Soeharto mengundurkan diri. Masa jabatannya sebagai presiden terbilang singkat, hanya 17 bulan.

Namun, selama masa kepemimpinannya, Habibie berhasil membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi dan politik.

B.J. Habibie wafat di Jakarta pada 11 September 2019 pada usia 83 tahun. Ia dikenang sebagai seorang teknokrat, ilmuwan, dan pemimpin visioner yang telah banyak berkontribusi bagi kemajuan Indonesia

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker